Main Article Content
Abstract
Salah satu teknologi yang dilakukan dalam proses pembelajaran jarak jauh adalah teknologi internet. Salah satunya google sites, bisa dimanfaatkan oleh siswa dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, yang tentu saja dalam hal ini sangat dibutuhkan oleh tenaga pendidik dalam melakukan pembelajaran. Tujuan artikel ini untuk mengetahui manfaat google sites dalam pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan mengembangkan kreativitas siswa dalam menggunakan google sites dalam pembelajaran jarak jauh. Dalam proses pembelajaran google sites akan baik jika digunakan untuk poses pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran menggunkan google sites memberikan manafaat bagi peserta didik dan guru. Manfaat google sites yaitu sebagai berikut (1) google sites dapat membuat siswa lebih menarik dan menyenangkan (2) google sites dapat memberikan materi pembelajaran yang bisa diunduh sehingga siswa dapat belajar dari materi dimana pun dan kapan pun (3) goole sites dapat memberikan materi yang dari awal sampai akhir pertemuan , siswa dapat membaca kembali materi yang diberikan oleh guru karena materi tidak otomatis hilang (4) siswa dapat menguplosd tugas yang sudah diberikan tempat tugasnya tersendiri (5) google sites dapat memberikan pengumuman tersendiri mengenai tugas, atau informasi yang lain (6) menambahkan video dari Youtube secara langsung, dan lain-lain. Hasil penelitian bahwa siswa Kelas VII SMP Islam Asy-Syuhada dalam pembelajaran bahasa Indonesia jarak jauh menggunkan media google sites dapat membawa siswa lebih efektif dan menarik sehingga akan mengembangkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran1.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Bambang Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya . Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Hamzah, Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
- Mahnun. Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajiqn terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Dalam Jurnal Pemikiran Islam : Vol. 37, No 1:27.
- Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Rubhan Masykur, Nofrizal, Muhamad Syazali. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, Hal. 179.
- Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46.
References
DAFTAR PUSTAKA
Bambang Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya . Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamzah, Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mahnun. Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajiqn terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Dalam Jurnal Pemikiran Islam : Vol. 37, No 1:27.
Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Rubhan Masykur, Nofrizal, Muhamad Syazali. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, Hal. 179.
Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46.