Main Article Content

Abstract

Salah satu teknologi yang dilakukan dalam proses pembelajaran jarak jauh adalah teknologi internet. Salah satunya google sites, bisa dimanfaatkan oleh siswa dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, yang tentu saja dalam hal ini sangat dibutuhkan oleh tenaga pendidik dalam melakukan pembelajaran. Tujuan artikel ini untuk mengetahui manfaat google sites dalam pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan mengembangkan kreativitas siswa dalam menggunakan google sites dalam pembelajaran jarak jauh. Dalam proses pembelajaran google sites akan baik jika digunakan untuk poses pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran menggunkan google sites memberikan manafaat bagi peserta didik dan guru. Manfaat google sites yaitu sebagai berikut (1) google sites dapat membuat siswa lebih menarik dan menyenangkan (2) google sites dapat memberikan materi pembelajaran yang bisa diunduh sehingga siswa dapat belajar dari materi dimana pun dan kapan pun (3) goole sites dapat memberikan materi yang dari awal sampai akhir pertemuan , siswa dapat membaca kembali materi yang diberikan oleh guru karena materi tidak otomatis hilang (4) siswa dapat menguplosd tugas yang sudah diberikan tempat tugasnya tersendiri (5) google sites dapat memberikan pengumuman tersendiri mengenai tugas, atau informasi yang lain (6) menambahkan video dari Youtube secara langsung, dan lain-lain. Hasil penelitian bahwa siswa Kelas VII SMP Islam Asy-Syuhada dalam pembelajaran bahasa Indonesia jarak jauh menggunkan media google sites dapat membawa siswa lebih efektif dan menarik sehingga akan mengembangkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran1.

Article Details

Author Biography

Rosiyana Rosiyana, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta

Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta
How to Cite
Rosiyana, R. (2021). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA JARAK JAUH SISWA KELAS VII SMP ISLAM ASY-SYUHADA KOTA BOGOR. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Bambang Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya . Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  3. Hamzah, Nina Lamatenggo. (2011). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  4. Mahnun. Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajiqn terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Dalam Jurnal Pemikiran Islam : Vol. 37, No 1:27.
  5. Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  6. Rubhan Masykur, Nofrizal, Muhamad Syazali. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, Hal. 179.
  7. Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 1-46.