PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 46 BENGKULU UTARA

Else Pebrinda(1), Muhammad Arifin(2), Ria Ariesta(3),
(1) , Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah (1) mengetahui proses penerapan model pembelajaran quantum saat dilaksanakannya pembelajaran teks persuasif di kelas VIII A SMP Negeri 46 Bengkulu Utara, dan (2) mengetahui hasil belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran quantum saat proses pembelajaran menulis teks persuasif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur Penelitian ini dibagi atas empat komponen yaitu refleksi, perencanaan, observasi, dan tindakan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Instumen penelitian terdiri atas instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Sintaks penerapan model pembelajaran quantum dalam penelitian ini ialah (1) tumbuhkan, (2) alami, (3) namai, (4) demonstrasi, (5) ulangi, dan (6) rayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya kemampuan menulis teks persuasif siswa, karena tiap tahapan hasil belajar (menulis) siswa meningkat secara siginfikan, tahap siklus I memperoleh nilai 67,3 dan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa dengan persentase 54,54%, dan siklus II memperoleh nilai 77,13 dan seluruh siswa tuntas dengan persentase 100%.. 


Keywords


Quantum, Menulis, Persuasif

References


Arifah, N. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Persuasi Melalui Model Think Pair and Share Berbantuan Media Visual pada Siswa Kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang . UNNES, 2. diunduh tanggal 02 September 2020, pukul 07.30 WIB.

Arifina, Basiska Winda, Basaria Winda. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas III. Jurnal 1 [111]. diunduh tanggal 22 Agustus 2020, pukul 09.30 WIB.

Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Grafindo Persada.

DePorter, Bobbi. (2010). Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Huberman, S. (2011). Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles dan Huberman. Pasca UMS. diunduh tanggal 18 Agustus 2020, pukul 20.00 WIB.

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kurniawan, R. (2015, 10 30). Retrieved from https://rohadicgbs.wordpress.com/2015/10/30/apa-itu-quantum-learning-pengertian-teori-dan-tujuan/. diunduh tanggal 18 Agustus 2020, pukul 07.30 WIB.




DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.14514

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Else Pebrinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Jurnal Ilmiah KORPUS is indexed in:

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id