Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan struktur teks rekon (recount) berita pada surat kabar Kompas dan surat kabar Harian Rakyat Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini  adalah 30 buah teks rekon jenis berita, yang  terdiri dari 15 teks berita pada surat kabar Kompas dan 15 teks berita pada surat kabar Harian Rakyat Bengkulu. Sedangkan data dalam penelitian terfokus pada struktur teks rekon (recount) berita pada surat kabar Kompas dan surat kabar Harian Rakyat Bengkulu. Analisis teks rekon ini dilihat dari struktur teks rekon yang terdiri dari orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) struktur teks rekon (recount) berita pada surat kabar Kompas terdiri dari dua kelompok, yaitu teks rekon yang memiliki 3 struktur dan teks rekon yang memiliki 2 struktur. Adapun teks rekon yang memiliki 3 struktur yaitu strukturnya diawali dengan orientasi, kemudian urutan peristiwa, lalu di akhiri dengan reorientasi. Sedangkan teks rekon yang memiliki 2 struktur yaitu diawali dengan orientasi dan diakhiri dengan urutan peristiwa. (2) struktur teks rekon (recount) berita pada surat kabar Harian Rakyat Bengkulu terdiri dari dua kelompok, yaitu teks rekon yang memiliki 3 struktur dan teks rekon yang memiliki 2 struktur. Teks rekon yang memiliki 3 struktur yaitu strukturnya diawali dengan orientasi, kemudian urutan peristiwa, lalu diakhiri dengan reorientasi. Sedangkan teks rekon yang memiliki 2 struktur yaitu diawali dengan orientasi dan diakhiri dengan urutan peristiwa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa teks rekon memiliki 2 jenis struktur, yaitu teks rekon yang memiliki 3 unsur struktur dan teks rekon yang memiliki 2 unsur struktur.

Article Details

How to Cite
MARISTA, D., MARISTA, D., MARISTA, D., & MARISTA, D. (2021). Analisis Teks Rekon (Recount) Di Surat Kabar. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 227–234. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.14741

References

  1. Dadang, A. (2008). Be Smart Bahasa Inggris. Bandung: Grafindo Media Tama.
  2. Engaging in and Exploring. (2012, Juni). Dipetik Juni 30, 2020, dari Literacy Secretariat: file:///C:/Users/ACER/Downloads/Recount%20Writing,%20Engaging%20a nd%20Exploring%20(1).pdf
  3. FX. Koesworo, J. M. (1994). Di Balik Tugas Kuli Tinta. Yogyakarta: Sebelas Maret University Press & Yayasan Pustaka Utama.
  4. Rahman, T. (2017). Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
  5. Trianto, A. (2018). Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
  6. Trianto, Agus. (2020). Genre, Tipe Teks, Lokasi Sosial 2. Diunduh dari https://youtu.be/0JTnw9KPoN0.