Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di kelas X SMA Negeri 4 Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar bahasa Indonesia di kelas X IPS SMA Negeri 4 Lebong yang berjumlah satu orang. Data dalam penelitian ini adalah aspek kegiatan pengelolaan kelas yang meliputi pengaturan orang (siswa) dan pengaturan ruangan yang dilakukan oleh guru pada kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, analisis data yang dilakukan yaitu merekam sambil mengamati guru mengajar pada saat proses belajar berlangsung, mewawancarai guru dengan pedoman wawancara yang dibuat penulis, mencatat proses jalannya proses pembelajaran di dalam kelas, mendeskripsikan data yang telah diperoleh dan menyimpulkan hasil pengamatan dan wawancara mengenai aspek mengelola kelas yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini berbentuk deskripsi mengenai aspek pengelolaan kelas yang meliputi pengaturan siswa yang terdiri dari, guru menggunakan berbagai macam metode pembelajaran yang menarik minat siswa, guru memberikan motivasi belajar kepada siswa agar siswa semangat belajar, guru menghargai perbedaan pendapat siswa agar siswa tidak merasa dikucilkan, guru mampu menghidupkan suasana pembelajaran, sehingga terjalin komunikasi yang aktif antara guru dan siswa, guru menciptakan suasana kelas yang kondusif. Pengaturan ruangan atau fasilitas yang terdiri dari, penataan ruang kelas yang rapi dan nyaman, pengaturan dan pemanfaatan media yang menarik minat belajar siswa, pengaturan posisi tempat duduk siswa.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abu,Ahmadi.(2004). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
- Arifin dan Barnawi. (2016). Teori dan Praktik Pengajaran yang Efektif & Kreatif. Yogyakara:AR-RUZZ MEDIA.
- Asril, Zainal. 2011. Micro Teacing : Disertai dengan program pengalaman Lapangan, Jakarta: Rajawali
- Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Warsono, Sri. 2016. Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Belajar. e-Journal Unib, Volume 10, Nomor 5, November 2016.
- Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
- Udin S Winataputra,(2003) . Strategi Belajar Mengajar. Skripsi. Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional. Diakses: Rabu, 14 Oktober pukul 19.00
References
Abu,Ahmadi.(2004). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Arifin dan Barnawi. (2016). Teori dan Praktik Pengajaran yang Efektif & Kreatif. Yogyakara:AR-RUZZ MEDIA.
Asril, Zainal. 2011. Micro Teacing : Disertai dengan program pengalaman Lapangan, Jakarta: Rajawali
Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Warsono, Sri. 2016. Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Belajar. e-Journal Unib, Volume 10, Nomor 5, November 2016.
Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Udin S Winataputra,(2003) . Strategi Belajar Mengajar. Skripsi. Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional. Diakses: Rabu, 14 Oktober pukul 19.00