Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Film Pada Zaman Dahulu di MNCTV dengan menggunakan teori Linguistik Fungsional Sistemik (LFS) yang direlevansikan dengan pembelajaran teks fabel di sekolah.  Penelitian ini difokuskan pada fungsi pertukaran yang direalisasikan dalam sistem nilai transitivitas yang mendominasi film Pada Zaman Dahulu di MNCTV. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik Content Analysis. Hasil penelitian ini ditemukan transitivitas yang paling banyak muncul ialah partisipan sebanyak 39 butir atau 34,8%, kedua ilah sirkumstan sebanyak 38 butir atau 33,9%. Sedangkan tipe proses yang dominan yakni proses material sebanyak 21 butir atau 18,7%, proses mental sebanyak 4 butir atau 3,6 %, relasional  sebanyak 4 butir atau 3,6 %, proses verbal, proses wujud dan proses behavioral sebanyak 2 butir atau 1,8 %. Semua pola ini dapat digunakan sebagai acuan dalam menulis teks fabel di sekolah, khususnya kelas VII SMP.

Article Details

How to Cite
Hajar, Y. (2021). TRANSITIVITAS FILM “PADA ZAMAN DAHULU” DI MNCTV DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS FABEL DI SEKOLAH. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 175–182. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.16111

References

  1. Fuad, T. (2017). Pesan Dakwah Dalam Film Animasi “Adit dan Sopo Jarwo.” Semarang: UIN Walisongo Semarang.
  2. Halliday, & Hassan, R. (1992). Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek-aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial (B. Tou, ed.). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  3. Kemdikbud. (2016). Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  4. Moleong, L. j. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  5. Oktaviani, T. (2017). Transitivitas Teks Anekdot Komunikasi Jenaka Karya Deddy Mulyana. Jurnal Arkhais, 8(1).
  6. Sangadji, E. mamang, & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian-Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.