Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan bahan ajar, (2) mengembangkan bahan ajar, (3) mendeskripsikan hasil uji validasi, (4) mendeskripsikan hasil perbaikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) desain pengembangan Borg and Gall level/desain 1. Hasil penelitian, yaitu siswa dan guru menginginkan bahan ajar berisi (1) materi menulis dan menyunting teks cerpen, (2) penyajian materi mengunakan teknik latihan terbimbing, (3) contoh, latihan, dan evaluasi, (4) evaluasi berbentuk uraian, (5) kelengkapan isi modul, (6) mengunakan ilustrasi menarik dan warna mencolok serta (7) modul diintegrasikan dengan 18 nilai-nilai karakter bangsa. Hasil uji validasi dari guru dan ahli, yaitu, (1) aspek materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,68 dengan kategori sangat valid, (2) aspek bahasa sebesar 4,51 dengan kategori sangat valid, (3) aspek pendidikan karakter sebesar 4,50 dengan kategori sangat valid, dan 4) aspek grafika dengan kategori sebesar 4,53 dengan kategori sangat valid. Perbaikan terhadap bahan ajar, yaitu (1) daftar isi, (2) kesalahan ejaan, (3) penambahan glosarium, (4) langkah-langkah menulis teks cerpen (5) pendidikan karakter yang diintegrasikan pada materi ajar, (6) perbaikan bingkai setiap bab dan (7) pergantian ilustrasi sampul bab tiga.

Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, modul, pendidikan karakter, teknik  latihan  terbimbing, menulis, teks cerpen

Article Details

How to Cite
Pamela, O., Friantary, H., & Eliya, I. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerpen Berbasis Pendidikan Karakter dengan Teknik Latihan Terbimbing pada Kelas IX MTs Ja-alHaq Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(3), 412–425. https://doi.org/10.33369/jik.v5i3.17342

References

  1. Asih. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.
  2. Dalman. 2019. Keterampilan Menulis. Depok: RajaGrafindo Persada.
  3. Daryanto & Aris Dwi Cahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
  4. Eliya, Ixsir. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai-Nilai Islami Untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang, At-Ta’lim, XVIII, (2), 337-348. doi:http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i2.1923
  5. Eliya, Ixsir. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Interaktif Berwawasan Kebangsaan Tinjauan Teoritis dan Praktis. Bengkulu: Anggota IKAPI.
  6. Eliya, Ixsir. 2020. Nationalism-Oriented Interactive Materials For News Items Learning In Junior High School, Retorika, XIII, (1), 2301-4768. doi: 10.26858/retorika.v13i1.10431
  7. Ignatius Banu Pratama, “Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas V Terintegrasi dengan Nilai-nilai Karakter Cerita Anak-anak Tradisional,” (Skripsi S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Darma, 2019) h. 44-64.
  8. Khermarinah. 2017. Problematika Kenakalan pada Kalangan Remaja, At-Ta’lim, XVIII, (2), 2301-4768. doi: 10.26858/retorika.v13i1.10431
  9. Ngafifi, Muhamad. 2014. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya SMP Negeri 2 Sukoharjo Wonosobo, Pembangunan Pendidikan, II, (1), 2302-6383. doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
  10. Madya, S. 2011. Teori dan praktik penelitian tindakan (action research). Bandung: Alfabeta.
  11. Marzuki. 2012. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Pendidikan Karakter, II, (1), 2089-5003. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1450
  12. Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
  13. Pujiharto, 2012. Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Ombak.
  14. Riduwan, 2019. Skala Pengukuran Variable-variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.
  15. Sumara, Dadan, Sahadi Humaedi, Meilanny Budiarti Santoso, 2017. Kenakalan Remaja dan Penanganannya, IV, (2), 129–389. doi: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393
  16. Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
  17. Sugiyono. 2017. Metode Penellitian (Kuantitatif, kualitatit, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
  18. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
  19. Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  20. Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.