Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan bahan ajar, (2) mengembangkan bahan ajar, (3) mendeskripsikan hasil uji validasi, (4) mendeskripsikan hasil perbaikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) desain pengembangan Borg and Gall level/desain 1. Hasil penelitian, yaitu siswa dan guru menginginkan bahan ajar berisi (1) materi menulis dan menyunting teks cerpen, (2) penyajian materi mengunakan teknik latihan terbimbing, (3) contoh, latihan, dan evaluasi, (4) evaluasi berbentuk uraian, (5) kelengkapan isi modul, (6) mengunakan ilustrasi menarik dan warna mencolok serta (7) modul diintegrasikan dengan 18 nilai-nilai karakter bangsa. Hasil uji validasi dari guru dan ahli, yaitu, (1) aspek materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,68 dengan kategori sangat valid, (2) aspek bahasa sebesar 4,51 dengan kategori sangat valid, (3) aspek pendidikan karakter sebesar 4,50 dengan kategori sangat valid, dan 4) aspek grafika dengan kategori sebesar 4,53 dengan kategori sangat valid. Perbaikan terhadap bahan ajar, yaitu (1) daftar isi, (2) kesalahan ejaan, (3) penambahan glosarium, (4) langkah-langkah menulis teks cerpen (5) pendidikan karakter yang diintegrasikan pada materi ajar, (6) perbaikan bingkai setiap bab dan (7) pergantian ilustrasi sampul bab tiga.
Kata kunci: pengembangan, bahan ajar, modul, pendidikan karakter, teknik latihan terbimbing, menulis, teks cerpenArticle Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Asih. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.
- Dalman. 2019. Keterampilan Menulis. Depok: RajaGrafindo Persada.
- Daryanto & Aris Dwi Cahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
- Eliya, Ixsir. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai-Nilai Islami Untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang, At-Ta’lim, XVIII, (2), 337-348. doi:http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i2.1923
- Eliya, Ixsir. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Interaktif Berwawasan Kebangsaan Tinjauan Teoritis dan Praktis. Bengkulu: Anggota IKAPI.
- Eliya, Ixsir. 2020. Nationalism-Oriented Interactive Materials For News Items Learning In Junior High School, Retorika, XIII, (1), 2301-4768. doi: 10.26858/retorika.v13i1.10431
- Ignatius Banu Pratama, “Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas V Terintegrasi dengan Nilai-nilai Karakter Cerita Anak-anak Tradisional,” (Skripsi S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Darma, 2019) h. 44-64.
- Khermarinah. 2017. Problematika Kenakalan pada Kalangan Remaja, At-Ta’lim, XVIII, (2), 2301-4768. doi: 10.26858/retorika.v13i1.10431
- Ngafifi, Muhamad. 2014. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya SMP Negeri 2 Sukoharjo Wonosobo, Pembangunan Pendidikan, II, (1), 2302-6383. doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
- Madya, S. 2011. Teori dan praktik penelitian tindakan (action research). Bandung: Alfabeta.
- Marzuki. 2012. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Pendidikan Karakter, II, (1), 2089-5003. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1450
- Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
- Pujiharto, 2012. Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Ombak.
- Riduwan, 2019. Skala Pengukuran Variable-variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.
- Sumara, Dadan, Sahadi Humaedi, Meilanny Budiarti Santoso, 2017. Kenakalan Remaja dan Penanganannya, IV, (2), 129–389. doi: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393
- Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
- Sugiyono. 2017. Metode Penellitian (Kuantitatif, kualitatit, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
- Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
- Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.
References
Asih. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.
Dalman. 2019. Keterampilan Menulis. Depok: RajaGrafindo Persada.
Daryanto & Aris Dwi Cahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Eliya, Ixsir. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai-Nilai Islami Untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang, At-Ta’lim, XVIII, (2), 337-348. doi:http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i2.1923
Eliya, Ixsir. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Interaktif Berwawasan Kebangsaan Tinjauan Teoritis dan Praktis. Bengkulu: Anggota IKAPI.
Eliya, Ixsir. 2020. Nationalism-Oriented Interactive Materials For News Items Learning In Junior High School, Retorika, XIII, (1), 2301-4768. doi: 10.26858/retorika.v13i1.10431
Ignatius Banu Pratama, “Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas V Terintegrasi dengan Nilai-nilai Karakter Cerita Anak-anak Tradisional,” (Skripsi S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Darma, 2019) h. 44-64.
Khermarinah. 2017. Problematika Kenakalan pada Kalangan Remaja, At-Ta’lim, XVIII, (2), 2301-4768. doi: 10.26858/retorika.v13i1.10431
Ngafifi, Muhamad. 2014. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya SMP Negeri 2 Sukoharjo Wonosobo, Pembangunan Pendidikan, II, (1), 2302-6383. doi: https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Madya, S. 2011. Teori dan praktik penelitian tindakan (action research). Bandung: Alfabeta.
Marzuki. 2012. Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah. Pendidikan Karakter, II, (1), 2089-5003. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1450
Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pujiharto, 2012. Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Ombak.
Riduwan, 2019. Skala Pengukuran Variable-variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Sumara, Dadan, Sahadi Humaedi, Meilanny Budiarti Santoso, 2017. Kenakalan Remaja dan Penanganannya, IV, (2), 129–389. doi: https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393
Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penellitian (Kuantitatif, kualitatit, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.