Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bentuk dan Dampak dari Kemampuan Memberi Penguatan (reinforcement) dalam Praktik Pengajaran Mikro Mahasiswa Program Sarjana Pendidikan bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Ruang lingkup penelitian ini mencakup deskripsi (1) jenis penguatan mencakup penguatan verbal dan penguatan nonverbal dan (2) dampat pemberian penguatan sesuai konteks proses pembelajaraan dalam pengembangan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan wawancara melalui diskusi terbimbing kepada mahasiswa praktikkan. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yakni mahasiswa semester 7B (kelompok D) Program Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu yang mengikuti perkuliahan Pengajaran Mikro sebanyak 11 orang. Analisis data secara kualitatif meliputi kegiatan mengamati dan mencatat proses pembelajaran, mengelompokkan data menurut jenis penguatan dan dampak penguatan, mentabulasi data sesuai masalah, menginterpretasi dan evaluasi data serta menarik kesimpulan. Hasil Penelitian dapat dikemukakan bahwa (1) bentuk kemampuan dalam memberi penguatan yang dilakukan mahasiswa meliputi (a) penguatan (reinforcement) verbal berupa kata atau frasa, seperti kata ya, oke, bagus, baik, bisa, boleh, benar, betul, tepat, seratus, baik sekali, sangat bagus, betul sekali, tepat sekali, dan (b) penguatan nonverbal berupa tepuk tangan, tanda tangan mengepal, tangan memberikan jempol, dengan senyuman, mengangguk, menepuk bahu, dan mendekati, yang biasanya dilakukan mengiringi penguatan verbal berupa kata atau frasa yang diucapkan, dan (2) dampak pemberian penguatan sesuai konteks peristiwa berbahasa, mencakup partisipan, pokok pembicaraan, lokasi, dan variasi bahasa, berdampak dalam melahirkan karakter peserta didik, seperti disiplin, mandiri, bertanggung jawab, mengumpulkan tugas tepat waktu, religius, dan nasionalisme yang tinggi.

Keywords

Kemampuan Penguatan Pengajaran Mikro Verbal.

Article Details

How to Cite
Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2021). BENTUK DAN DAMPAK KEMAMPUAN MEMBERI PENGUATAN DALAM PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 192–205. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.18001

References

  1. Alma, B. 2008. Guru Profesional Mengusai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
  2. Barnawi dan M. Arifin. 2015. Micro Teaching: Teori & Praktik Pengajaran yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
  3. Darmadi, H. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung : Alfabeta.
  4. Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
  5. Helmiati. 2013. Micro Teaching Melatig Keterampilan Dasar Mengajar. Pekan Baru: Aswajan Pressindo.
  6. Rohmayanti, Ferny, Didi Yulistio, dan Padi Utomo. 2019. “Pelaksanaan Pembelajaran Kelompok Kecil dan Perorangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu.” Jurnal Ilmiah KORPUS, Volume III, Nomor I, April 2019.
  7. Rusman, Deni Kurniawan, dan Cepi Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi .Jakarta : Rajawali Pers.
  8. Hamalik, U. 2012. Proes Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  9. Helmiati. 2013. Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Pekan Baru: Aswajan Pressindo.
  10. Hymes, Dell. 1972. “Model of the Interaction of Language and Social Life” dalam JJ Gumperz dan Dell Hymes, Directions in Sociolinguistics. Holt, Reinhart and Winston Inc. New York.
  11. Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan. Jakarta: Rajawali Pers.
  12. Moleong, Lexi J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  13. Mulyasa. 2009. Pembelajaran Mikro. Jakarta: Diadit Media.
  14. Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.
  15. Satori. 2013. “Komponen Kompetensi Profesional Guru”, Pendidikanku: Informasi Pendidikan Terkini. Http://sdnwonoue.blogspot.com/2013/08.html. Diunduh, 27 April 2015.
  16. Sevilla, Consuelo G, dkk. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Terjemahan Alimuddin Tuwu. Jakarta: UI Press.
  17. Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  18. Usman, M. U. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.