Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relasi makna sinonim dan antonim dalam kumpulan puisi Dapur-dapur Pinggiran karya Arip Senjaya. Relasi makna sinonim dan antonim merupakan salah satu kajian semantik yang membahas kata yang memiliki persamaan makna dan kata yang maknanya berlawanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh untuk dianalisis berasal dari buku kumpulan puisi Dapur-dapur Pinggiran karya Arip Senjaya. Data yang dikaji oleh peneliti adalah kata-kata dalam larik puisi yang memili relasi sinonim dan antonim. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumenter yaitu peneliti menghimpun data melalui buku puisi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Relasi sinonim dan antonim tidak hanya ditemukan dalam bentuk cerita pendek ataupun novel tetapi, dapat ditemukan juga dalam larik-larik puisi. Dapur-dapur Pinggiran merupakan puisi yang berisikan menu-menu masakan viral selama pandemi. Larik-larik dalam puisi tersebut ditulis dengan bahasa yang sederhana namun, tetap indah dibaca. Menu-menu viral selama pandemi seperti dalgona, seblak, dan kisah-kisah yang terjadi selama pandemi. Puisi Dapur-Dapur Pinggiran merupakan kumpulan puisi yang mengingatkan kita tentang fenomena selama pandemi terjadi. Setiap relasi yang terdapat dalam larik-larik puisi tersebut dapat dijadikan perbandingan dalam memahami sebuah makna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 6 judul puisi yang telah di telaah memiliki relasi makna sinonim dan 3 judul puisi  yang memiliki relasi makna antonim.

Article Details

How to Cite
Indah Sari, F., Sari, D. I., & Firmansyah, D. (2021). RELASI MAKNA DALAM PUISI DAPUR-DAPUR PINGGIRAN KARYA ARIP SENJAYA. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(3), 390–398. https://doi.org/10.33369/jik.v5i3.19418

References

  1. Adevita Hastati, A. I. (2019). Relasi Makna Bahasa Indonesia pada Website Liputan 6 Berjudul "Mengenal Ayu Kartika Dewi Lulusan Unair Menjadi Staf Khusus Jokowi". Prosiding Seminar Nasional PBSI, 1-3.
  2. Chaer, A. (2018). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  3. Martutik, A. S. (2019). Relasi Makna Antargagasan dalam Tajuk Rencana Harian Kompas. BASINDO, 123-126.
  4. Pradopo, R. D. (1995). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Puspita, S. (2013). Sinonim, Antonim, dan Padanan Kata. Jakarta: Infra Group.
  6. Rosidin, O. (2019). Percikan Linguistik. Serang: Untirta Press.
  7. Senjaya, A. (2021). Dapur-Dapur Pinggiran. In A. Senjaya, Dapur-Dapur Pinggiran (p. 7). Banten: Berjaya Buku.
  8. Subroto, E. (2015). Pengantar Studi Semantik dan Pragmatik. Surakarta: Cakrawala Media.
  9. Wartini, H. W. (2019). Relasi Makna dalam Lirik Lagu Perjuangan Nahdlatul Wathan Karya TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid (Kajian Semantik). SeBaSa, 45-46.
  10. Zuriah, N. (2016). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.