Main Article Content

Abstract

Masalah mendasar dalam penelitian ini adalah belum adanya penelitian pola pengembangan dan unsur-unsur paragraf pada teks latihan soal dalam modul “AKSI Bahasa Untuk Sekolah” kelas VIII. Fokus penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pola pengembangan dan unsur-unsur paragaraf pada teks latihan soal dalam modul “AKSI Bahasa Untuk Sekolah”. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada teks latihan soal jenis sastra pada modul “AKSI Bahasa Untuk Sekolah” kelas VIII. Sumber data yang digunakan berjumlah 62 paragraf. Ojek dalam penelitian ini adalah pola pengembangan dan unsur-unsur paragraf yang terdapat dalam teks latihan soal modul daring “AKSI Bahasa Untuk Sekolah”. Peneliti menemukan bahwa penggunaan pola pengembangan paragraf dalam modul daring “AKSI Bahasa Untuk Sekolah” sangat bervariasi. Hasil menunjukkan terdapat tujuh pola pengembangan yang dipakai, yaitu pola pengembangan paragraf sebab-akibat berjumlah 20 paragraf. Pola pengembangan paragraf ilustrasi berjumlah 9 paragraf. Pola pengembangan paragraf definisi berjumlah 5 paragraf. Pola pengembangan paragraf kronologi  berjumlah 2 paragraf. Pola pengembangan pengembangan berjumlah 1 paragraf. Pola pengembangan paragraf pertanyaan berjumlah 1 paragraf dan ditemukan pola pengembangan tak berpola berjumlah 23 paragraf. Selain itu, unsur-unsur yang dipakai dalam modul daring “AKSI Bahasa Untuk Sekolah” juga bervariasi. Muncul kalimat transisi, kalimat topik, kalimat pengembang, dan kalimat penegas. Ditemukan juga paragraf dengan empat unsur yang berjumlah 4 paragraf, paragraf dengan tiga unsur berjumlah 13 paragraf, paragraf dengan dua unsur berjumlah 24 paragraf, dan paragraf dengan satu unsur berjumlah 21 paragraf.

Article Details

How to Cite
Magvira, L., Triyadi, S., & Muhtarom, I. (2021). POLA PENGEMBANGAN DAN UNSUR-UNSUR PARAGRAF PADA TEKS LATIHAN MODUL DARING “AKSI BAHASA UNTUK SEKOLAH. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 250–261. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.20147

References

  1. Aini, Anis N. 2019. Analisis Kelayakan Struktur, Unsur, Kebahasaan, dan Pola Pengembangan Paragraf pada Teks Berita Karya Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang dan SMP Islam Al Madina. Skripsi. Semarang: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang.
  2. Alkafisa, Dwi Suciani. 2018. Struktur Paragraf Deduktif Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Siswa SMP/MTS Kelas VIII Bandar Lampung Terbitan Kemendikbud dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Skripsi. Lampung: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.
  3. Fitriani, Devi. 2018. Pengembangan Paragraf Pada Teks Bacaan Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VII dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Skripsi. Lampung: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.
  4. Hening, Caecilia Nurista Syahdu. 2015. Pola Pengembangan Paragraf dan Unsur-unsur Paragraf pada Karangan Narasi Karya Guru-guru SD di Lingkungan YPPK Maybrat, Keuskupan Manokwari, Papua Barat, pada Tahun 2014. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikkan Bahasa Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma.
  5. Ismayani, R. (2013). Kreativitas Dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. Semantik. 67-86.
  6. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Aplikasi AKSIsekolah - Bersama Hadapi Korona. 16 Juli. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/tutorial-aplikasi-aksi-sd/. Diakses pada 16 Januari 2021.
  7. Mertayasa, I. (2020). Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Hindu Selama Masa Belajar dari Rumah di Desa Meko. Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya Hindu. Vol 11, No 2, 1-17.
  8. Munirah (2019). Pengembangan Menulis Paragraf . Yogyakarta: Deepubisher.
  9. Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). AKSI Bahasa Untuk Sekolah. https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/aksi-2/. Diakses pada 16 Januari 2021.
  10. Rachmawati, R. (2018). Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Diklat Keagamaan. Vol 34 ,231-239.
  11. Resmayani, Ni Wayan., Dkk (2015). Analisis Pola Pengembangan Paragraf pada Karangan Siswa Kelas XI Bahasa 1 di SMAN 1 Seririt. E-Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  12. Rinayanthi, Ni Made dan I Nengah Laba. 2016. Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Karya Tulis Ilmiah. Denpasar:deepublish.
  13. Santoso, Bagus., Dkk (2018). Pola Pengembangan Paragraf Siswa Kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus 2. 147-153.
  14. Setiawan, Andri, Dkk (2016) Pola Penalaran Pada Bagian Latar Belakang Skripsi Mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Korpus 2. 131-140.
  15. Schumacher, Sally dan James H McMillan. 1997. Penelitian dalam Pendidikan. New York San Francsco: Addison Wesley Longman.Inc.
  16. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Penerbit Alfabeta Bandung.
  17. Suyanti, Lilis. (2017). Pola Kalimat Tunggal Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN 1 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Korpus 1. 83-88.
  18. Triutami, Diah Ayuk. (2015). Muatan Materi Sastra Dalam Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII dan Relevansinya Dengan Kompetensi Inti-Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Skripsi. Surakarta: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.