Main Article Content

Abstract

Faktor kunci yang menentukan tingkat keaktifan belajar siswa adalah semangat belajar siswa. Semangat belajar siswa yang dinilai dari minat belajar, memperhatikan pelajaran, motivasi belajar, dan pengetahuan berdampak pada hasil belajar siswa yang optimal. Pandemi COVID-19 melanda Indonesia pada tahun 2020, menyebabkan segalanya berubah. Belajar di sekolah berganti dengan belajar di rumah, secara online, atau jarak jauh, menurut undang-undang pemerintah. Variabel ekonomi, faktor sosial, masalah kesehatan, dan karakteristik kepribadian, semuanya berdampak pada seberapa efektif pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis aspek-aspek yang dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran online, serta kesulitan-kesulitan pembelajaran online yang mempengaruhi semangat belajar siswa selama masa pandemi dan solusi yang tepat. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka atau kepustakaan dengan menggunakan sumber data sekunder seperti buku pelajaran, e-book, jurnal, peraturan, situs web, dan sumber lain yang terkait dengan pertanyaan penelitian. Model interaktif digunakan untuk menilai data penelitian secara kualitatif, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Siswa kemudian mengusulkan cara kepada pendidik untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran online, seperti merangkum materi pembelajaran yang harus diunduh, menggunakan pertemuan virtual untuk menjelaskan teori yang sulit dipahami, menghindari tugas yang berlebihan, dan selalu bertanya kepada siswa tentang materi yang tidak dipahami, penyampaian materi terkait forum diskusi atau webinar untuk melatih beradaptasi secara online, menjadwalkan pembelajaran, dan menggunakan sistem atau platform yang sama dengan media pembelajaran online secara kelompok atau individu.

Keywords

Akses Belajar COVID-19 Efektivitas Pembelajaran Online Antusiasme Siswa dalam Belajar Kesulitan Belajar Online

Article Details

How to Cite
Aswani, A., & Aswani, A. N. (2022). EFEKTIVITAS DAN KESULITAN BELAJAR ONLINE TERHADAP ANTUSIASME SISWA DALAM BELAJAR. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.33369/jik.v6i1.22784

References

  1. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Kemdikbud.
  2. Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.
  3. Baety, D.N., dan Munandar, D.R. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880- 889.
  4. Bilfaqih, Y., dan Qomaruddin, M.N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
  5. van Bruggen, J. (2005). Theory and Practice of Online Learning, British Journal of Educational Technology. DOI: https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2005.00445_1.x.
  6. Dewi, W.A.F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
  7. Hidayah, A.A.F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P.A.R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 53-56.
  8. Jayul, A., dan Irwarno, E. (2020). Model Pembelajaran Daring sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190-199.
  9. Laini, R.N., dan Nashir, M. (2021). Higher Education Students’ Perception on Online Learning during COVID-19 Pandemic. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 689-697.
  10. Molstad, C.E., dan Karseth, B. (2016). National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329-344.
  11. Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online selama Pandemi COVID-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.
  12. Nurhasanah, S., dan Sobandi. A. (2016). Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128-135.
  13. Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajran Daring melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran COVID-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2645
  14. Puspitasari, N. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi COVID19 pada Guru SD Negeri Dukuhwaru 01. Magistra, 11(2), 170-186.
  15. Robandi, D., & Mudjiran. (2020). Dampak Pembelajaran dari Masa Pandemi COVID 19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498-3502.
  16. Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi COVID-29. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1(1), 51-56.
  17. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  18. Suriadi, H.J., Firman, & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165-173.
  19. Umairah, P. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Google Classroom di Tengah Pandemi COVID-19 pada Peserta Didik Kelas XI IPS 4 SMA 1 Bangkinang Kota. Journal on Education, 2(3), 275-285.