Main Article Content

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan fakta cerita dan tema yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Hujan karya Tere Liye (2) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Hujan karya Tere Liye. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif pendekatan sosiologi sastra. Cara kerja pendekatan sosiologi sastra dalam penelitian ini adalah menemukan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel hujan berdasarkan analisis fakta cerita yaitu alur, tokoh, latar dan tema yang terdapat dalam novel dengan kaitannya sebagai cerminan dari nilai-nilai pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan (1) Lail seorang anak yatim piatu yang memiliki budi pekerti yang baik. Keikhlasan dalam menerima kenangan menyakitkan membuat dirinya mampu menjalani takdir hidup dengan kuat.(2) Nilai peduli sosial, bertanggung jawab, kerja keras, gemar membaca, disiplin, bersahabat/ komunikatif, jujur, mandiri, kreatif, cinta tanah air, peduli lingkungan dan menghargai prestasi merupakan temuan nilai-nilai pendidikan karakter pada novel ini. Pengarang berusaha menghadirkan gambaran tokoh-tokoh yang berkarakter di era digital pada tahun 2040. Hal tersebut relevan dengan situasi pada saat ini. Novel ini memperlihatkan bagaimana teknologi yang tinggi dapat berdampingan dengan manusia yang berkarakter.

Kata Kunci: nilai pendidikan karakter, novel hujan, sosiologi sastra

Keywords

nilai pendidikan karakter novel hujan sosiologi sastra

Article Details

How to Cite
Rosiana, A. A., Chanafiah, Y., & Amrizal, A. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(1), 95–105. https://doi.org/10.33369/jik.v6i1.23084

References

  1. Harliyanti. Leli. 2017. Analisis Pendidikan Karakter Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye Serta Impilikasinya terhadap Pembelajaran Sastra dan Sastra Indonesia di SMA. Universitas Pakuan.
  2. Kasim. A. 2019. Karakterisasi tokoh dalam novel Hujan Karya Tere Liye.Jurnal. Universitas Negeri Gorontalo.
  3. Kurniawan, Eka. 2017. Diksi, Gaya Bahasa, Citraan, Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Hujan Karya Tere Liye Serta Relevansinya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  4. Lickona, T. 2015. Educating for character; mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya Offset
  5. Widodo,Wahyu Aris.2019. Motivasi Kehidupan Tokoh Utama dalam Novel Hujan Karya Tere Liye.Universitas Pamulang
  6. Zuchdi, Darmiyanti. 2011. Pendidikan karater: dalam Perspektif Teori dan Praktik.Yogyakarta: UNY Press.