KEMAMPUAN BERPIDATO SECARA EKSTEMPORAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 22 BENGKULU UTARA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017

Ferditia Karna Juwana, Suhartono Suhartono, Agus Joko Purwadi

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpidato secara ekstemporan  siswa kelas IX SMP Negeri 22 SMPN Bengkulu Utara semester genap Tahun Ajaran 2016/2017. Kemampuan berpidato  secara ekstemporan siswa kelas IX ini akan dinilai dari lima aspek, yaitu: ketepatan ucapan dan pelafalan, kelancaran dan intonasi, diksi, sikap dan mimik/pandang muka, dan penguasaan bahasa. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam mencari sampel menggunakan teknik random sampling(sampel acak) yang diambil sebanyak 20% atau 20 orang siswa dari jumlah seluruh  siswa 112 orang siswa, yang dipilih dari setiap kelasnya, yaitu 5 kelas. Sehingga sampel ada 5 kelas, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian  yaitu statistik sederhana menghitung nilai rata-rata dari setiap aspek kebahasaan dan non kebahasaan serta mencari skor akhir.Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa: 1). Rata-rata kemampuan berpidato siswa yang dilihat dari aspek ketepatan ucapan dan pelafalanadalah  16,5  berkategori (baik). 2). Rata-rata Kemampuan Berpidato siswa dari aspek kelancaran dan intonasi adalah 16 berkategori (baik). 3). Rata-rata kemampuan berpidato siswa dari aspek diksi adalah 15,82 berkategori (baik). 4). Rata-ratakemampuan berpidato siswa dari aspek sikap dan mimik/pandang muka adalah 15,47 berkategori (baik). 5). Rata-rata kemampuan berpidato siswa dari aspek penguasaan bahasa adalah 15,55 berkategori (baik). 6). Rata – rata nilai akhir kemampuan berpidato secara ekstemporan siswa kelas IX Smp Negeri 22 Bengkulu Utara Tahun Semester Genap Ajaran 2016/2017 adalah 79,37 tergolong berkategori(baik).Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa siswakelas IX di SMP Negeri 22 Bengkulu Utara Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 telah dapat berpidato secara ekstemporan dengan baik. Meskipun masih ada beberapa siswa dalam berpidato secara ekstemporan dinyatakan cukup, namun secara keseluruhan para siswa sudah dapat berpidato secara ekstemporan dengan baik.

Kata kunci: kemampuan, berpidato, metode ekstemporan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v1i2.4109

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah KORPUS Diindeks oleh:


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id