Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai struktur teks bacaan pada buku pelajaran “Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII” berdasarkan Kurikulum 2013 (revisi 2016). Identitas buku yang dijadikan sebagai objek penelitian ini adalah buku pelajaran bahasa Indonesia kelas VII terbitan Wahono, dkk. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis enam jenis teks bacaan, yaitu teks deskripsi, teks narasi, teks prosedur, teks laporan hasil observasi, teks puisi rakyat, dan teks fabel. Teks yang dianalisis dalam penelitian ini adalah teks yang panjang dan memiliki sumber teks bacaan sebanyak 19 judul teks bacaan. Setiap teks bacaan dianalisis struktur teksnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 19 judul teks bacaan, dilihat dari unsur kelengkapan, teks yang memiliki struktur yang lengkap sebanyak 12 judul teks bacaan. Teks yang tidak memiliki struktur teks yang lengkap sebanyak 7 judul teks bacaan. Demi menghasilkan buku pelajaran yang berkualitas maka perlu dilakukan penyesuaian struktur teks bacaan pada buku pelajaran, dan juga dalam proses pembelajaran guru harus menyusun buku teks yang baik untuk dibaca siswa.
Kata Kunci: Buku teks, pembelajaran berbasis teks, struktur teks.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.