Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran mengenai struktur teks bacaan pada buku pelajaran “Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII” berdasarkan Kurikulum 2013 (revisi 2016). Identitas buku yang dijadikan sebagai objek penelitian ini adalah buku pelajaran bahasa Indonesia kelas VII terbitan Wahono, dkk. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis enam jenis teks bacaan, yaitu teks deskripsi, teks narasi, teks prosedur, teks laporan hasil observasi, teks puisi rakyat, dan teks fabel. Teks yang dianalisis dalam penelitian ini adalah teks yang panjang dan memiliki sumber teks bacaan sebanyak 19 judul teks bacaan. Setiap teks bacaan dianalisis struktur teksnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 19 judul teks bacaan, dilihat dari unsur kelengkapan, teks yang memiliki struktur yang lengkap sebanyak 12 judul teks bacaan. Teks yang tidak memiliki struktur teks yang lengkap sebanyak 7 judul teks bacaan. Demi menghasilkan buku pelajaran yang berkualitas maka perlu dilakukan penyesuaian struktur teks bacaan pada buku pelajaran, dan juga dalam proses pembelajaran guru harus menyusun buku teks yang baik untuk dibaca siswa.

 

Kata Kunci:  Buku teks, pembelajaran berbasis teks, struktur teks.

Article Details

How to Cite
Asti, M., Trianto, A., & Arifin, M. (2017). ANALISIS STRUKTUR TEKS BACAAN PADA BUKU PELAJARAN “MAHIR BERBAHASA INDONESIA UNTUK SMP/MTs KELAS VII KARANGAN WAHON, DKK”. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(2), 142–149. https://doi.org/10.33369/jik.v1i2.4111