PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA REJANG ANAK SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK PEMBINA MERIGI KABUPATEN KEPAHIANG: KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

Rita Tiara Aryani(1), Irma Diani(2), Marina Sugiyati(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui wujud (bentuk) kosakata bahasa Rejang yang digunakan oleh anak sekolah TK Pembina Merigi Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan rekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, setiap siswa memperoleh jumlah kata yang berbeda antara anak A, B, C, D, E, F, G, H, dan  I. Hal tersebut dikarenakan setiap siswa memiliki karateristik dan keunikannya tersendiri tergantung dengan masukan yang diterima dan kondisi masing-masing siswa. Sedangkan berdasarkan enam strategi cara anak menguasai makna kata, yang terdiri dari strategi referensi, strategi cakupan objek, strategi perluasan, strategi cakupan kategorial, strategi nama baru-kategori tak bernama, dan strategi konvensionalitas. Dari 18 jumlah data, tidak semua digunakan oleh anak.

Kata Kunci : Pemerolehan kosakata, bahasa anak, taman kanak-kanak.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v1i2.4115

Article Metrics

 Abstract Views : 27 times
 PDF Downloaded : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Rita Tiara Aryani, Irma Diani, Marina Sugiyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Jurnal Ilmiah KORPUS is indexed in:

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id