Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gaya bahasa siswa kelas VII A SNP N 21 Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2016/2017 dalam mendongeng dan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam gaya bahasa ketika siswa mendongeng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk mengkaji makna yaitu dengan menggunkan pendekatan semantik yang digunakan untuk mengkaji makna gaya bahasa siswa kelas VII A SMP N 21 Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2016/2017 dalam mendongeng. Berdasarkan hasil analisis data, didapat bahwa; (1) dalam mendongeng siswa kelas VII A SMP N 21 Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2016/2017 dalam mendongeng menggunakan gaya bahasa pada saat menyampaikan ceritanya secara langsung ke judul yang akan didongengkan. Dalam penggunaannya, setiap gaya bahasa yang dimanfaatkan memiliki makna tersendiri untuk memperhalus dan memperindah bahasa, terlebih lagi pada pendekatan semantik mengkaji tentang makna yang ditemukan untuk mengacu pada gaya bahasa siswa kelas VII A SMP N 21 Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2016/2017 dalam mendongeng.
Kata Kunci: Gaya bahasa, mendongeng, siswa kelas VII A SMPN 21 Bengkulu Utara.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.