Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks narasi tentang pengalaman libur sekolah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang yang berjumlah 151 orang. Sedangkan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling sebanyak 22% dari jumlah populasi, yaitu 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Kemampuan menulis teks narasi ini akan dinilai dari lima aspek, yaitu isi, struktur, kebahasaan, diksi, dan ejaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, statistik sederhana dengan menghitung rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menulis teks narasi tentang pengalaman libur sekolah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang adalah 55,15 (kurang). Adapun rata-rata kemampuan menulis teks narasi tentang pengalaman libur sekolah berdasarkan aspek isi adalah 17,62 (cukup), rata-rata kemampuan menulis teks narasi dari aspek struktur adalah 15,19 (cukup), rata-rata kemampuan menulis teks narasi dari aspek kebahasaan adalah 10,10 (cukup), rata-rata kemampuan menulis teks narasi dari aspek diksi adalah 7,09 (cukup), rata-rata kemampuan menulis teks narasi dari aspek ejaan adalah 5,13 (cukup). Bagi siswa, hendaknya lebih banyak membaca materi dan contoh teks narasi untuk menambah kosa kata. Bagi guru, hendaknya lebih menekankan pembelajaran mengenai penggunaan ejaan.

 

Kata kunci: Kemampuan, menulis, teks narasi.

Article Details

How to Cite
Rahmadani, S., Suhartono, S., & Arifin, M. (2017). KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI TENTANG PENGALAMAN LIBUR SEKOLAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(2), 218–223. https://doi.org/10.33369/jik.v1i2.4136