PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DI KELAS VII B SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2016/2017

Wahyu Aditya Pratama. P(1), Agus Joko Purwadi(2), Catur Wulandari(3),
(1) , 
(2) , 
(3) , 

Abstract


Penelitian ini mempunyai sasaran untuk mengamati cara guru mengajarakan keterampilan membaca kepada siswa di kelas VII B. Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.  Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII B SMP Negeri 9 Kota Bengkulu, pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi pembelajaran tentang ‘membaca intensif’. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa dalam kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di kelas VII B SMP Negeri 09 Kota Bengkulu, peneliti  mengamati bahwa kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia benar-benar berhubungan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Adapun Data mengenai penelitian ini meliputi (1) Hubungan antara RPP dan Pembelajaran di kelas; (2) Alokasi waktu yang diterapkan; (3) Kesesuaian metode dengan materi; (4) Penguasaan materi yang disampaikan oleh guru. Meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa yang kurang sesuai, seperti alokasi waktu dalam kegiatan belajar mengajar yang singkat, siswa yang tidak fokus dalam mendengarkan dan memahami penjelasan oleh guru, serta guru yang kurang menguasai materi pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, keterampilan membaca.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v1i2.4160

Article Metrics

 Abstract Views : 5 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah KORPUS Diindeks oleh:


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id