Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mempunyai sasaran untuk mengamati cara guru mengajarakan keterampilan membaca kepada siswa di kelas VII B. Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.  Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII B SMP Negeri 9 Kota Bengkulu, pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan materi pembelajaran tentang ‘membaca intensif’. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa dalam kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di kelas VII B SMP Negeri 09 Kota Bengkulu, peneliti  mengamati bahwa kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia benar-benar berhubungan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Adapun Data mengenai penelitian ini meliputi (1) Hubungan antara RPP dan Pembelajaran di kelas; (2) Alokasi waktu yang diterapkan; (3) Kesesuaian metode dengan materi; (4) Penguasaan materi yang disampaikan oleh guru. Meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa yang kurang sesuai, seperti alokasi waktu dalam kegiatan belajar mengajar yang singkat, siswa yang tidak fokus dalam mendengarkan dan memahami penjelasan oleh guru, serta guru yang kurang menguasai materi pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, keterampilan membaca.

Article Details

How to Cite
Pratama. P, W. A., Purwadi, A. J., & Wulandari, C. (2017). PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA DI KELAS VII B SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(2), 233–247. https://doi.org/10.33369/jik.v1i2.4160