Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pola penalaran pada bagian latar belakang skripsi mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu tahun 2016. Peneliti menggunakan teori Toulmin mencakup enam unsur argumen, yaitu C (claim), pernyataan , G (ground) alasan atau bukti, W (warrant) pendukung, B (backing) pendukung tambahan, M (modal qualifier) kepastian pernyataan atau ukuran klaim, dan R (rebuttal) penyangkalan. Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskripsi kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat pada bagian latar belakang skripsi mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu tahun 2016, yang berjumlah 20 data. Sumber data penelitian ini yaitu, skripsi mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian tahun 2016 Universitas Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dokumentasi. Analisis data dengan langkah sebagai berikut (i) membaca teks, (ii) mengklasifikasikan teks, (iii) mengelompokkan data sesuai permasalahan, (iv) menganalisis data penelitian sesuai permasalahan, (v) interpretasi dan kualifikasi data sesuai masalah. Hasil penelitian ditemukan beberapa pola penalaran dengan variasinya. Pola tersebut adalah (1) pola II (C-G-W) dengan pola (C-G-W) dan (W-C-G), (2) pola III (C-G-W-B) dengan variasi pola (G-W-B-C), (G-W-C-B), dan (W-B-G-C), (3) pola IV (C-G-W-B-MQ) dengan variasi pola (W-B-C-MQ-G), (G-C-W-B-MQ), (W-C-MQ-G-B), (W-C-G-B-MQ), (W-B-G-C-MQ), (G-C-W-MQ-B), (G-W-C-B-MQ), (C-G-W-B-MQ) dan (G-C-MQ-W-B) (4) pola V (C-G-W-B-MQ-R) dengan variasi pola (C-W-G-B-MQ-R), (C-G-W-B-R-MQ), (G-C-W-R-B-MQ), (W-B-G-R-C-MQ), dan (W-G-B-C-R-MQ).Variasi tersebut hanya terletak pada penempatan kalimat yang memiliki fungsi unsur argumentasi.
Kata kunci: Pola penalaran, bagian latar belakang skripsi, teori Toulmin
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Keraf, G. 1992. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
- Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Toulmin, Stephen, Richard Rieke dan Allan Janik. 1984 An Introduction to reasoning. Canada: Macmilllan Publishing Company.
- Weston, Anthony. 2007. Kaidah Berargumentasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Yulistio, Didi. 2003. Bahasa Indonesia: Kemampuan Berbahasa Indonesia untuk Mahasiswa di perguruan Tinggi. Bengkulu: Lemlit Unib Press.
References
Keraf, G. 1992. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Toulmin, Stephen, Richard Rieke dan Allan Janik. 1984 An Introduction to reasoning. Canada: Macmilllan Publishing Company.
Weston, Anthony. 2007. Kaidah Berargumentasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yulistio, Didi. 2003. Bahasa Indonesia: Kemampuan Berbahasa Indonesia untuk Mahasiswa di perguruan Tinggi. Bengkulu: Lemlit Unib Press.