Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola pengembangan paragraf siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada pola pengembangan paragraf siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan kalimat topik yang telah ditentukan dan siswa mengembangkan menjadi sebuah paragraf. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan pola pengembangan paragraf pada paragraf karangan siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sembilan pola pengembangan paragraf yang digunakan siswa dalam menulis  paragraf. Pola pengembangan paragraf terebut adalah (1) sebab-akibat, (2) narasi, (3) definisi, (4) pertanyaan-jawaban, (5) ilustrasi, (6) contoh, (7) sudut pandang, (8) analogi, (9) perbandingan-pertentangan.

Kata kunci : Pola, pengembangan, paragraf

Article Details

How to Cite
Santoso, B., & Susetyo, S. (2019). POLA PENGEMBANGAN PARAGRAF SISWA KELAS X SMAN 1 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.33369/jik.v2i2.6517

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Finoza, Lamuddin. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
  3. Keraf, Gorys. 1994. Komposisi. Ende: Nusa Indah.
  4. Moeleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  5. Rahardi, Kunjana. 2010. Teknik-Teknik Pengembangan Paragraf Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.
  6. Rohmadi, Muhammad dan Yakub Nasucha. 2010. Paragraf: Pengembang dan Implementasi. Yogyakarta: Media Perkasa.
  7. Widjono. 2007. Bahasa Indonesia : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia.