Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola pengembangan paragraf siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada pola pengembangan paragraf siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan kalimat topik yang telah ditentukan dan siswa mengembangkan menjadi sebuah paragraf. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan pola pengembangan paragraf pada paragraf karangan siswa kelas X SMAN 1 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sembilan pola pengembangan paragraf yang digunakan siswa dalam menulis paragraf. Pola pengembangan paragraf terebut adalah (1) sebab-akibat, (2) narasi, (3) definisi, (4) pertanyaan-jawaban, (5) ilustrasi, (6) contoh, (7) sudut pandang, (8) analogi, (9) perbandingan-pertentangan.
Kata kunci : Pola, pengembangan, paragraf
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Finoza, Lamuddin. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
- Keraf, Gorys. 1994. Komposisi. Ende: Nusa Indah.
- Moeleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Rahardi, Kunjana. 2010. Teknik-Teknik Pengembangan Paragraf Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.
- Rohmadi, Muhammad dan Yakub Nasucha. 2010. Paragraf: Pengembang dan Implementasi. Yogyakarta: Media Perkasa.
- Widjono. 2007. Bahasa Indonesia : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Finoza, Lamuddin. 2009. Komposisi Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa Nonjurusan Bahasa. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Keraf, Gorys. 1994. Komposisi. Ende: Nusa Indah.
Moeleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahardi, Kunjana. 2010. Teknik-Teknik Pengembangan Paragraf Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Penerbit Universitas Atma Jaya.
Rohmadi, Muhammad dan Yakub Nasucha. 2010. Paragraf: Pengembang dan Implementasi. Yogyakarta: Media Perkasa.
Widjono. 2007. Bahasa Indonesia : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia.