Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan remedial mata pelajaran Bahasa Indonesia dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami remedial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program remedial waktu pelaksanaan program remedial dilaksanakan dalam waktu satu minggu. Jumlah siswa yang melaksanakn remedial sebanyak 33 siswa. Metode yang digunakan dalam melaksanakan program remedial, yaitu pemberian tugas secara mandiri yang dikerjakan di rumah masing-masing. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa remedial mencakup (1) faktor internal yang meliputi 5 aspek yaitu kebiasaan belajar, percaya diri, sikap terhadap belajar, menyimpan perolehan hasil belajar dan menggali hasil belajar yang tersimpan, dan (2) faktor eksternal, yaitu aspek kebijakan penilaian.

Kata kunci: Pelaksanaan program remedial

Article Details

How to Cite
Astuti, E. Y., Yulistio, D., & Arono, A. (2019). PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII DI SMP IT IQRA’ KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(2), 160–166. https://doi.org/10.33369/jik.v2i2.6519

References

  1. Arifin, Muyani. 1995. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya. Airlangga University Press.
  2. Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Menangah Pertama. Jakarta. Diknenum.
  3. Emzir. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
  4. Ischak dkk. 1987. Program Pengajaran Remedial. Yogyakarta. Liberty.
  5. Kemendiknas.2010.Seri Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembelajaran dalam Implementasi KTSP di SMA. Direktorat Pembinaan SMA. Jakarta.
  6. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
  7. Tarigan, Henry Guntur. 1989. Pengajaran Remedi Bahasa. Jakarta. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdikbud.