Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan remedial mata pelajaran Bahasa Indonesia dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami remedial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program remedial waktu pelaksanaan program remedial dilaksanakan dalam waktu satu minggu. Jumlah siswa yang melaksanakn remedial sebanyak 33 siswa. Metode yang digunakan dalam melaksanakan program remedial, yaitu pemberian tugas secara mandiri yang dikerjakan di rumah masing-masing. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa remedial mencakup (1) faktor internal yang meliputi 5 aspek yaitu kebiasaan belajar, percaya diri, sikap terhadap belajar, menyimpan perolehan hasil belajar dan menggali hasil belajar yang tersimpan, dan (2) faktor eksternal, yaitu aspek kebijakan penilaian.
Kata kunci: Pelaksanaan program remedial
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arifin, Muyani. 1995. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya. Airlangga University Press.
- Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Menangah Pertama. Jakarta. Diknenum.
- Emzir. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
- Ischak dkk. 1987. Program Pengajaran Remedial. Yogyakarta. Liberty.
- Kemendiknas.2010.Seri Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembelajaran dalam Implementasi KTSP di SMA. Direktorat Pembinaan SMA. Jakarta.
- Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
- Tarigan, Henry Guntur. 1989. Pengajaran Remedi Bahasa. Jakarta. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdikbud.
References
Arifin, Muyani. 1995. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Surabaya. Airlangga University Press.
Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Menangah Pertama. Jakarta. Diknenum.
Emzir. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
Ischak dkk. 1987. Program Pengajaran Remedial. Yogyakarta. Liberty.
Kemendiknas.2010.Seri Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembelajaran dalam Implementasi KTSP di SMA. Direktorat Pembinaan SMA. Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 1989. Pengajaran Remedi Bahasa. Jakarta. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdikbud.