Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penilaian sikap dalam pembelajaran Bahasa Indonesia oleh guru kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian sikap di kelas, RPP guru, serta dokumen penilaian sikap yang dibuat guru. Sumber data dalam penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan seluruh siswa kelas VII 5 dan VII 8. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga langkah, yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 1 Kota Bengkulu telah melakukan perencanaan penilaian sikap berdasarkan Kurikulum 2013 dengan mempersiapkan lembar observasi, lembar penilaian diri dan penilaian antar peserta didik. Pelaksanaan penilaian sikap dengan teknik observasi oleh guru Bahasa Indonesia berlangsung secara kontekstual dan terintegrasi saat kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung serta pelaksanaan penilaian diri dan penilaian antar peserta didik dilakukan guru satu kali diakhir semester. Pemanfaatan penilaian sikap dengan teknik observasi dilakukan guru langsung setelah mencatat sikap negatif siswa dalam jurnal dengan cara memberikan teguran, nasihat, dan membuat surat perjanjian. Hasil penilaian sikap selama satu semester dilaporkan guru Bahasa Indonesia kepada guru wali kelas.
Kata Kunci: Penilaian sikap, kurikulum 2013, pembelajaran Bahasa Indonesia
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.
- Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Revisi Kurikulum 2013 Implementasi Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
- Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
- Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Impelementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Undang-Undang Republik Indonesia. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat (19).
- Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Cipta Pesona Sejahtera.
- Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
- Siswanto. 2017. Penilaian dan Pengukuran (Sikap dan Hasil Belajar Peserta Didik). Klaten: Boss Script.
References
Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Revisi Kurikulum 2013 Implementasi Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Impelementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat (19).
Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Cipta Pesona Sejahtera.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Siswanto. 2017. Penilaian dan Pengukuran (Sikap dan Hasil Belajar Peserta Didik). Klaten: Boss Script.