Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penilaian sikap dalam pembelajaran Bahasa Indonesia oleh guru kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian sikap di kelas, RPP guru, serta dokumen penilaian sikap yang dibuat guru. Sumber data dalam penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan seluruh siswa kelas VII 5 dan VII 8. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga langkah, yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII di SMPN 1 Kota Bengkulu telah melakukan perencanaan penilaian sikap berdasarkan Kurikulum 2013 dengan mempersiapkan lembar observasi, lembar penilaian diri dan penilaian antar peserta didik. Pelaksanaan penilaian sikap dengan teknik observasi oleh guru Bahasa Indonesia berlangsung secara kontekstual dan terintegrasi saat kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung serta pelaksanaan penilaian diri dan penilaian antar peserta didik dilakukan guru satu kali diakhir semester. Pemanfaatan penilaian sikap dengan teknik observasi dilakukan guru langsung setelah mencatat sikap negatif siswa dalam jurnal dengan cara memberikan teguran, nasihat, dan membuat surat perjanjian. Hasil penilaian sikap selama satu semester dilaporkan guru Bahasa Indonesia kepada guru wali kelas.

Kata Kunci: Penilaian sikap, kurikulum 2013, pembelajaran Bahasa Indonesia

Article Details

How to Cite
Audina, I., Susetyo, S., & Arifin, M. (2019). PENILAIAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA OLEH GURU KELAS VII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(2), 167–173. https://doi.org/10.33369/jik.v2i2.6520

References

  1. Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.
  2. Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Revisi Kurikulum 2013 Implementasi Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
  3. Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
  4. Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Impelementasi Kurikulum 2013. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  5. Undang-Undang Republik Indonesia. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat (19).
  6. Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Cipta Pesona Sejahtera.
  7. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  8. Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  9. Siswanto. 2017. Penilaian dan Pengukuran (Sikap dan Hasil Belajar Peserta Didik). Klaten: Boss Script.