Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui perbedaan menulis pantun menggunakan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan pembelajaran Konvensional siswa kelas VII SMPN 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen  menggunakan bentuk desain Quasi Eksperimental dengan menggunakan Intact-group comparison. Data dalam penelitian ini adalah deskripsi hasil tes kemampuan menulis pantun kelas eksperimen (CIRC) dan kelas kontrol (model Konvensional). Penelitian ini dilakukan secara bergantian antara dua kelas VII 5 (eksperimen) dan VII 6 (kontrol) yang semuanya berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian dengan menggunakan rumus t-test terdapat perbedaan perhitungan dan temuan pada kemampuan menulis pantun siswa menggunakan model CIRC dan menggunakan model konvensional, uji t-test diperoleh hasil t-hitung 2,63. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen yang diperoleh siswa sebesar 90,5, masuk dalam kategori sangat baik dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol yang diperoleh siswa sebesar 79,4, masuk dalam kategori baik, sehingga terdapat nilai rata-rata selisih antara kedua model senilai 9,8 pada hasil tes siswa.

Kata Kunci: Kemampuan menulis, pantun, CIRC

Article Details

How to Cite
Fernando, O., & Suhartono, S. (2019). STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DENGAN MENERAPKAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN KONVENSIONAL DI KELAS VII SMPN 4 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(2), 179–184. https://doi.org/10.33369/jik.v2i2.6522

References

  1. Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  2. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
  3. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  4. _______. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  5. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Metodologi Pengajaran Bahasa 1. Bandung: Angkasa.