Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan menulis pantun menggunakan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan pembelajaran Konvensional siswa kelas VII SMPN 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan bentuk desain Quasi Eksperimental dengan menggunakan Intact-group comparison. Data dalam penelitian ini adalah deskripsi hasil tes kemampuan menulis pantun kelas eksperimen (CIRC) dan kelas kontrol (model Konvensional). Penelitian ini dilakukan secara bergantian antara dua kelas VII 5 (eksperimen) dan VII 6 (kontrol) yang semuanya berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian dengan menggunakan rumus t-test terdapat perbedaan perhitungan dan temuan pada kemampuan menulis pantun siswa menggunakan model CIRC dan menggunakan model konvensional, uji t-test diperoleh hasil t-hitung 2,63. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen yang diperoleh siswa sebesar 90,5, masuk dalam kategori sangat baik dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol yang diperoleh siswa sebesar 79,4, masuk dalam kategori baik, sehingga terdapat nilai rata-rata selisih antara kedua model senilai 9,8 pada hasil tes siswa.
Kata Kunci: Kemampuan menulis, pantun, CIRC
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
- Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- _______. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
- Tarigan, Henry Guntur. 2008. Metodologi Pengajaran Bahasa 1. Bandung: Angkasa.
References
Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Metodologi Pengajaran Bahasa 1. Bandung: Angkasa.