Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis puisi menggunakan model pembelajaran example non example dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Data yang diperoleh berupa hasil tes kemampuan siswa menulis puisi dengan model pembelajaran yang berbeda dan diterapkan pada kelas yang berbeda. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Bengkulu, dan yang menjadi sampel pada penelitian ini siswa kelas VIII D belajar dengan menggunakan model pembelajaran example non example dan siswa kelas VIII E yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan menulis puisi, dan dianalisis menggunakan teknik analisis uji beda atau uji “t”. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan menulis puisi menggunakan model pembelajaran example non example hasil nilai rata-ratanya 73,47 yang termasuk dalam kategori baik, (2) kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional nila rata-ratanya 60,78 yang termasuk dalam kategori cukup, dan (3) terdapat perbedaaan antara kemampuan menulis puisi  menggunakan model pembelajaran example non example dengan mengggunakan model pembelajaran konvensional, dengan demikian Ha diterima.

Kata kunci: Menulis, puisi, example non example, konvensional

Article Details

How to Cite
Efrizal, R., Ariesta, R., & Yulistio, D. (2019). PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(2), 185–189. https://doi.org/10.33369/jik.v2i2.6523

References

  1. Kurniawan, Heru. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  2. Muliawan, Jasa Ungguh. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  3. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  4. Suwarna, Dadan. 2012. Trik Menulis Puisi, Cerpen, Resensi Buku, Opini/Esai. Tanggerang: Jelajah Nusa.
  5. Waluyo, Herman J. 1987. Teori Dan Apresiasi Puisi. Surakarta: Penerbit Erlangga.