Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanan pembelajaran dan pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 yang dilakukan di Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII.5 dan siswa kelas VIII.5. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi RPP untuk melihat perencanaan pembelajaran . Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum melakukan pembelajaran guru membuat sebuah perencanan pembelajaran terlebih dahulu, yaitu dengan menyusun RPP dan menentukan tugas proyek yang akan diberikan. Langkah-langkah pembelajaran yang digunakan dalam model pembelajaran berbasis proyek, yaitu penentuan proyek, perencanan proyek, penyususnan jadwal, penyelesaian proyek, penyampaian hasil proyek, dan penilian. Berdasarkan enam langkah pembelajaran yang dilaksanakan terdapat dua tahapan pembelajaran yang tidak teroptimalkan, yaitu pada tahap penyusunan jadawal dan penilaian proyek.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum 2013
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013.
- Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Jakarta: PT Buku Seru.
- Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bandung: Ghalia Indonesia.
- Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: YaramaWidya.
- Moleong, Laxy J.1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya CV.
- Turyantana, I Ketut. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Ketuntasan Hasi Belajar Menulis Karya Ilmiah Siswa kelas XI IPS 1 SMA Saraswati Serisit”. Jurnal Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia,Vol 1, No 2 (2013).
- Saragih dan Nike Yesika. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014”Basas tra, Vol 3, No 2 (2014)
References
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013.
Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Jakarta: PT Buku Seru.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bandung: Ghalia Indonesia.
Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: YaramaWidya.
Moleong, Laxy J.1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya CV.
Turyantana, I Ketut. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Ketuntasan Hasi Belajar Menulis Karya Ilmiah Siswa kelas XI IPS 1 SMA Saraswati Serisit”. Jurnal Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia,Vol 1, No 2 (2013).
Saragih dan Nike Yesika. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014”Basas tra, Vol 3, No 2 (2014)