PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Septi Pratiwi, Ria Ariesta

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanan pembelajaran dan pelaksanaan model  pembelajaran  berbasis proyek pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 yang  dilakukan  di Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian  ini menggunakan  metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII.5 dan siswa kelas VIII.5. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi RPP untuk melihat perencanaan pembelajaran . Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum melakukan pembelajaran guru membuat sebuah perencanan pembelajaran terlebih dahulu, yaitu dengan menyusun RPP dan menentukan tugas proyek yang akan diberikan. Langkah-langkah pembelajaran yang digunakan dalam model pembelajaran berbasis proyek, yaitu penentuan proyek, perencanan proyek, penyususnan jadwal, penyelesaian proyek, penyampaian hasil proyek, dan penilian. Berdasarkan enam langkah pembelajaran yang dilaksanakan terdapat dua tahapan pembelajaran yang tidak teroptimalkan, yaitu pada tahap penyusunan jadawal dan penilaian proyek.

Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum 2013


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013.

Endraswara, Suwardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Jakarta: PT Buku Seru.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bandung: Ghalia Indonesia.

Kosasih, E. 2016. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: YaramaWidya.

Moleong, Laxy J.1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya CV.

Turyantana, I Ketut. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Ketuntasan Hasi Belajar Menulis Karya Ilmiah Siswa kelas XI IPS 1 SMA Saraswati Serisit”. Jurnal Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia,Vol 1, No 2 (2013).

Saragih dan Nike Yesika. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014”Basas tra, Vol 3, No 2 (2014)




DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v2i2.6526

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah KORPUS Diindeks oleh:




Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id