Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan menggambarkan Pembelajaran Menggunakan Media Visual Proyeksi dalam Keterampilan Menulis Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017.Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 240 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes.Instrumen pada penelitian adalah dengan menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data memberikan penilaian (skor terhadap menulis siswa), penilaian dilakukan oleh dua orang yaitu penilai satu peneliti sendiri (P1) dan penilai kedua (P2) Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 5 Kota Bengkulu, menggunakan skor P1 dan P2, menghitung nilai rata-rata siswa dengan menggunakan rumus. Hasil perhitungan yang dianalisis diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,82 nilai tersebut bila dilihat pada kriteria penilaian termasuk dalam kategori baik karena terletak pada interval nilai 70-79. Dengan demikian, kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori baik. Rincian kemampuan menulis siswa yaitu: 2 siswa termasuk dalam kategori nilai sangat baik, 6 siswa termasuk kategori nilai baik, 17 siswa termasuk dalam kategori nilai cukup, tidak ada siswa termasuk dalam kategori nilai kurang, dan tidak ada siswa dalam kategori nilai sangat kurang.
Kata kunci : keterampilan menulis teks fabel
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Endah, Tri Priyatni. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.
- Harsiati, Titik dkk. 2016. Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian dan Kebudayaan.
- Sanaky, A. 2009.Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press.
- Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
- Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa
References
Endah, Tri Priyatni. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.
Harsiati, Titik dkk. 2016. Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian dan Kebudayaan.
Sanaky, A. 2009.Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa