Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses, fungsi, dan makna pantun bersahut dalam seni pertunjukan adat pernikahan di Kecamatan Kaur Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode etnografi. Data  penelitian ini didapat dari pengamatan langsung , dokumentasi, dan wawancara secara mendalam kepada informan. Dari hasil analisis yang dilakukan terhadap tradisi pantun bersahut, dalam penyelenggaraannya pantun bersahut diiringi dengan tarian mainang dan irama musik yang mengiringi tarian dan irama pantun yang diucapkan, adapun judul irama musik yang sering digunakan dalam pantun bersahut ini ialah yang pertama irama pembuka (1) Sumpaya, (2) Mainang Sayang, (3) Pulau Pinang, (4) Serawak, (5) Jali-jali, (6) Rembang Petangh,(7) Cerai kasih, (8) Bunga Mawar, dan penutup (9) Dayung Pariaman. Pada prinsipnya ini disajikan saat malam hari, warga dan perangkat desa setempat menyebutnya sebagai malam mainangan atau inai curi, dimana malam tersebut dilakukan khusus untuk tradisi pertunjukan pantun bersahut. Tradisi ini dilakukan setelah melalui proses lamaran, serah terima hantaran, dan akad nikah, belaak dan pengantin besanding. Makna teks dan konteks yang terkandung di dalam tradisi pantun bersahut mainangan ini adalah agar kita selalu beradab dalam kehidupan bersosial dan bermasyarakat serta terlebih lagi dalam berkomunikasi yang baik dan sopan dalam penggunaan bahasanya.

Kata Kunci: Pantun, Tradisi Mainangan, Kaur

Article Details

How to Cite
Changga, C., Sarwono, S., & Purwadi, A. J. (2019). PANTUN PADA SENI PERTUNJUKAN DALAM ADAT PERNIKAHAN DI KECAMATAN KAUR SELATAN KABUPATEN KAUR. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 227–233. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6777

References

  1. Danandjaja, James. 1994. Folklor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: PT Utama Grafiti.
  2. Emzir, dan Rohman S. 2015. Teori Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Koentjaraningrat. 1998. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Aksara Baru.
  4. Spradley, P. James. 1997. Metode Etnografi. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya.
  5. Rafiek, M. 2012. Teori Sastra: Kajian Teori dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.