Main Article Content
Abstract
Peningkatan keterampilan literasi dalam aktivitas pembelajaran telah digiatkan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia termasuk SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan literasi yang terjadi selama aktivitas pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Pendeskripsian pelaksanaan literasi dalam penelitian ini meliputi kegiatan literasi yang berlangsung pada pembelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan literasi dalam pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu telah tercakup dalam aktivitas pembelajaran dengan berbagai metode dan kegiatan yang dilakukan guru dan siswa sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Pembelajaran literasi di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu telah sesuai dan memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran literasi mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kegiatan pembelajaran yang berlangsung dapat memotivasi siswa dan guru dalam meningkatkan keterampilan literasi informasi dan berkehidupan serta literasi dasar siswa (membaca, menulis, dan berbahasa lisan).
Kata kunci: pelaksanaan literasi, aktivitas pembelajaran
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: PT Refika Aditama.
- Alwasilah, A. Chaedar. 2012. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
- Dewayani, Sofie. 2017. Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas.Yogyakarta: PT Kanisius.
- Edwards, Dee. 2009. Literacy and Learning Languages: Strategies for Teaching and Assessment. Auckland: The University of Auckland.
- Schmoker, Mike. 2012. Menjadi Guru yang Efektif: Bagaimana Mencapai Pengembangan Baru melalui Membaca dan Menulis. Diterjemahkan oleh Devri Barnadi Putera. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
References
Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: PT Refika Aditama.
Alwasilah, A. Chaedar. 2012. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Dewayani, Sofie. 2017. Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas.Yogyakarta: PT Kanisius.
Edwards, Dee. 2009. Literacy and Learning Languages: Strategies for Teaching and Assessment. Auckland: The University of Auckland.
Schmoker, Mike. 2012. Menjadi Guru yang Efektif: Bagaimana Mencapai Pengembangan Baru melalui Membaca dan Menulis. Diterjemahkan oleh Devri Barnadi Putera. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.