Main Article Content

Abstract

Peningkatan keterampilan literasi dalam aktivitas pembelajaran telah digiatkan di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia termasuk SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan literasi yang terjadi selama aktivitas pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu. Pendeskripsian pelaksanaan literasi dalam penelitian ini meliputi kegiatan literasi yang berlangsung pada pembelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan literasi dalam pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu telah tercakup dalam aktivitas pembelajaran dengan berbagai metode dan kegiatan yang dilakukan guru dan siswa sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Pembelajaran literasi di kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu telah sesuai dan memenuhi prinsip-prinsip pembelajaran literasi mulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kegiatan pembelajaran yang berlangsung dapat memotivasi siswa dan guru dalam meningkatkan keterampilan literasi informasi dan berkehidupan serta literasi dasar siswa (membaca, menulis, dan berbahasa lisan).

 Kata kunci: pelaksanaan literasi, aktivitas pembelajaran

Article Details

How to Cite
Novandi, D., Trianto, A., & Gumono, G. (2019). PELAKSANAAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 234–240. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6778

References

  1. Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: PT Refika Aditama.
  2. Alwasilah, A. Chaedar. 2012. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
  3. Dewayani, Sofie. 2017. Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas.Yogyakarta: PT Kanisius.
  4. Edwards, Dee. 2009. Literacy and Learning Languages: Strategies for Teaching and Assessment. Auckland: The University of Auckland.
  5. Schmoker, Mike. 2012. Menjadi Guru yang Efektif: Bagaimana Mencapai Pengembangan Baru melalui Membaca dan Menulis. Diterjemahkan oleh Devri Barnadi Putera. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.