ANALISIS PERTANYAAN GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Dini Faizah, Padi Utomo, M. Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenjang dan macam-macam pertanyaan yang diajukan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII-1, VII-3, dan VII-4 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis kemunculan pertanyaan yang diajukan oleh guru di kelas VII-1, VII-3, dan VII-4 dalam delapan kali pertemuan sebanyak enam puluh dua pertanyaan, kemudian pertanyaan sering muncul pada jenjang C-2 (memahami) dan macam pertanyaan yang diajuakan menurut cara adalah pertanyaan menggali. Pertanyaan yang diajukan oleh siswa adalah sebanyak tujuh pertanyaan, kemudian  pertanyaan sering muncul pada jenjang C-2 (memahami) dan macam pertanyaan yang diajukan menurut cara ialah pertanyaan menggali. Pertanyaan-pertanyaan tersebut, lebih sering diajukan oleh guru dari pada siswa. pertanyaan sering muncul pada kegiatan pendahuluan dari pada kegiatan inti. Kemunculan-kemunculan pertanyaan tersebut belum berurutan sesuai dengan tingkatan ranah kognitif Taksonomi Anderson dan pertanyaan yang diajukan lebih pada macam pertanyaan menurut cara yakni pertanyaan menggali.

 Kata kunci: pertanyaan, macam-macam pertanyaan, taksonomi Anderson


Full Text:

PDF

References


Anderson, dkk. 2017. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Asril, Zainal. 2013. Micro Teaching disertai dengan Pengalaman Lapangan. Jakarta: Raja Grafindo.

Helmiati. 2014. Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media.

Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGraFindo Persada.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet.

Supriyadi. 2011. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6780

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah KORPUS Diindeks oleh:


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id