Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenjang dan macam-macam pertanyaan yang diajukan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII-1, VII-3, dan VII-4 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis kemunculan pertanyaan yang diajukan oleh guru di kelas VII-1, VII-3, dan VII-4 dalam delapan kali pertemuan sebanyak enam puluh dua pertanyaan, kemudian pertanyaan sering muncul pada jenjang C-2 (memahami) dan macam pertanyaan yang diajuakan menurut cara adalah pertanyaan menggali. Pertanyaan yang diajukan oleh siswa adalah sebanyak tujuh pertanyaan, kemudian  pertanyaan sering muncul pada jenjang C-2 (memahami) dan macam pertanyaan yang diajukan menurut cara ialah pertanyaan menggali. Pertanyaan-pertanyaan tersebut, lebih sering diajukan oleh guru dari pada siswa. pertanyaan sering muncul pada kegiatan pendahuluan dari pada kegiatan inti. Kemunculan-kemunculan pertanyaan tersebut belum berurutan sesuai dengan tingkatan ranah kognitif Taksonomi Anderson dan pertanyaan yang diajukan lebih pada macam pertanyaan menurut cara yakni pertanyaan menggali.

 Kata kunci: pertanyaan, macam-macam pertanyaan, taksonomi Anderson

Article Details

How to Cite
Faizah, D., Utomo, P., & Arifin, M. (2019). ANALISIS PERTANYAAN GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 253–260. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6780

References

  1. Anderson, dkk. 2017. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  2. Asril, Zainal. 2013. Micro Teaching disertai dengan Pengalaman Lapangan. Jakarta: Raja Grafindo.
  3. Helmiati. 2014. Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
  4. Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media.
  5. Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGraFindo Persada.
  6. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet.
  7. Supriyadi. 2011. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.