ANALISIS PERTANYAAN GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU

Dini Faizah(1), Padi Utomo(2), M. Arifin(3),
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unib, 
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unib, 
(3) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unib, 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenjang dan macam-macam pertanyaan yang diajukan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII-1, VII-3, dan VII-4 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis kemunculan pertanyaan yang diajukan oleh guru di kelas VII-1, VII-3, dan VII-4 dalam delapan kali pertemuan sebanyak enam puluh dua pertanyaan, kemudian pertanyaan sering muncul pada jenjang C-2 (memahami) dan macam pertanyaan yang diajuakan menurut cara adalah pertanyaan menggali. Pertanyaan yang diajukan oleh siswa adalah sebanyak tujuh pertanyaan, kemudian  pertanyaan sering muncul pada jenjang C-2 (memahami) dan macam pertanyaan yang diajukan menurut cara ialah pertanyaan menggali. Pertanyaan-pertanyaan tersebut, lebih sering diajukan oleh guru dari pada siswa. pertanyaan sering muncul pada kegiatan pendahuluan dari pada kegiatan inti. Kemunculan-kemunculan pertanyaan tersebut belum berurutan sesuai dengan tingkatan ranah kognitif Taksonomi Anderson dan pertanyaan yang diajukan lebih pada macam pertanyaan menurut cara yakni pertanyaan menggali.

 Kata kunci: pertanyaan, macam-macam pertanyaan, taksonomi Anderson


Full Text:

PDF

References


Anderson, dkk. 2017. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Asril, Zainal. 2013. Micro Teaching disertai dengan Pengalaman Lapangan. Jakarta: Raja Grafindo.

Helmiati. 2014. Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media.

Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGraFindo Persada.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet.

Supriyadi. 2011. Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6780

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah KORPUS Diindeks oleh:


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id