Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi berbasis me­dia lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes kemampuan siswa menulis puisi menggunakan media lingkungan. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan menulis puisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Bengkulu berbasis media lingkungan secara umum berada pada nilai 72.23. Nilai rata-rata tersebut jika dikonversikan dengan perhitungan skala lima terma­suk dalam kategori tinggi, karena hasil teks menulis puisi rata-rata siswa mendapatkan nilai 70-79.

 Kata Kunci: Kemampuan Menulis Puisi, Media Lingkungan

Article Details

How to Cite
Padhilhah, M. D., Susetyo, S., & Arono, A. (2019). KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERBASIS MEDIA LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 293–299. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6784

References

  1. Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumania.
  2. Situmorang, B.P. 1981. Puisi Teori Apresiasi Bentuk dan Struktur. Medan: Nusa Indah.
  3. Tarigan, Henry Guntur. 1993. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa
  4. Sukino. 2010. Menulis Itu Mudah Panduan Praktis Menjadi Penulis Handal. Yogyakarta: Pustaka Populer LKis.
  5. Suparno dan Yonus Mohamad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Ja-karta: Universitas Terbuka.
  6. Pradopo, Rachmat Djoko. 2009. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  7. Rahadi, Aristo. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktur Jendral Pendidi-kan Dasar dan Menengah Direktur Tenaga Kependidikan.