Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh berupa informasi mengenai pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah serta hal-hal yang memengaruhi pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Sumber data pada penelitian ini yakni kepala sekolah, wakil kepala kurikulum, kepala perpustakaan, guru Bahasa Indonesia, serta peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMP Negeri 4 Kota Bengkulu telah melaksanakan beberapa program literasi, seperti 1) kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran, 2) jurnal membaca, 3) penghargaan pengunjung perpustakaan, 4) sudut baca dan pondok belajar, serta 5) kunjungan perpustakaan daerah. Program-program tersebut belum terlaksana dengan maksimal, karena tidak adanya Tim Literasi Sekolah. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu masih berada pada tahap pembiasaan.

Kata kunci: implementasi, Gerakan Literasi Sekolah

Article Details

How to Cite
Wirawan, N. H., Trianto, A., & Gumono, G. (2019). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 300–309. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6785

References

  1. Alwasilah, A. C. 2012. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: Kiblat.
  2. Antoro, B. 2017. Gerakan Literasi Sekolah dari pucuk hingga akar sebuah refleksi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Boeriswati, E. 2016. "Pedidikanan Literasi Abad 21". Makalah yang disajikan dalam Kuliah Umum Pembelajaran Literasi Abad 21 yang dilaksanakan Pascasarjana S2 Pendidikan Bahasa Indonesia. Gedung Aula FKIP.
  4. Universitas Bengkulu. Tanggal 8 Oktober 2016.
  5. Kemendikbud. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Kemendikbud. 2016. Manual Pendukung Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  7. Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  8. Priyatni, E. T. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Malang: Bumi Aksara.
  9. Wulandari. R. 2016. Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Hakim Internasional. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.