Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan makna dan nilai budaya yang terdapat dalam kaset produksi Afiq Raflesia Record. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada teks lirik lagu berbahasa Rejang.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang dikumpulkan berbentuk kaset yang  berisikan lagu-lagu berbahasa Rejang yaitu Rejung Bumei Rafflesia dan Dendang Sehasen produksi Afiq Raflesia Record. Teknik analisis data menggunakan teknik dokumentasi. Data dianalisis guna mendeskripsikan makna dan nilai budaya yang ada dalam lirik lagu berbahasa Rejang. Hasil penelitian ini yaitu delapan (8) lagu yang liriknya berbahasa Rejang dapat dikelompokkan ke dalam dua (2) kelompok besar, pesimistik dan optimistik. Nilai budaya yang terdpat di dalamnya adalah “Lem idup, kabo tukuk”, “Judau, Jerkai, Maut do’o Tuhan kute matur, ite  nak denio yo cuma nam usaho ngen duo”, “Tuai-tuai ubai”, “Nak das lenget ade lenget”, “Bumei mengindoi”, dan “Tnangeak lenget tun”.

Kata kunci : Makna, Nilai Budaya, Lirik Lagu Berbahasa Rejang

Article Details

How to Cite
Purwanti, P., Agustina, E., & Chanafiah, Y. (2019). NILAI BUDAYA PADA LIRIK LAGU BERBAHASA REJANG DALAM KASET PRODUKSI AFIQ RAFLESIA RECORD. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 317–323. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6787

References

  1. Eagleton, T. 2006. Teori Sastra Sebuah Pengantar Komprehensif (Edisi Terbaru). Yogyakarta: Jalasutra.
  2. Edwar Djamaris, D. 1993. Nilai Budaya Dalam Beberapa Karya Sastra Nusantara: Sastra Daerah di Sumatra. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Ekorusyono. 2008. Kebudayaan Rejang. Yogyakarta: Buku Litera.
  4. Koentjaraningrat, 2015. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia.