PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU

Tika Nopri Anti, Ria Ariesta, Padi Utomo

Abstract


Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan proses pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) buatan guru dan pelaksanaan proses pembelajaran Bahasa Indonesia antara guru dan peserta didik di kelas mengenai pendekatan saintifik di kelas VII B dan VII C SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini: (1) Membaca Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) buatan Guru, (2) Mengamati Proses Pembelajaran, (3) Melihat Kesesuaian Proses Pembelajaran dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (4) Menganalisis Data Penelitian Sesuai Permasalahan, dan (5) Interpretasi dan Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru sudah dipersiapkan dengan baik dan menggunakan RPP berbasis saintifik. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru telah mencakup: 1) data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/semester, 2) kompetensi inti, 3) kompetensi dasar dan indikator, 4) tujuan pembelajaran, 5) materi pembelajaran, 6) metode pembelajaran, 7) media, alat dan bahan, 8) langkah-langkah pembelajaran, dan 9) penilaian. (2) Pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII telah diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut (1) pendahuluan, (2) inti, dan (3) penutup. Pada kegiatan inti guru telah menerapkan lima langkah pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, menalar atau mengumpulkan informasi, mencoba, dan mengomunikasikan.  

Kata kunci: pembelajaran Bahasa Indonesia, pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gava Media.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud No.58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasyah Tsanawiah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih, Imas, Barlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Masrup, Moch. 2012. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia. (Htpp:/jurnal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka diakses 18 Maret 2018).

Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah KORPUS Diindeks oleh:




Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id