Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan proses pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) buatan guru dan pelaksanaan proses pembelajaran Bahasa Indonesia antara guru dan peserta didik di kelas mengenai pendekatan saintifik di kelas VII B dan VII C SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian ini: (1) Membaca Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) buatan Guru, (2) Mengamati Proses Pembelajaran, (3) Melihat Kesesuaian Proses Pembelajaran dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (4) Menganalisis Data Penelitian Sesuai Permasalahan, dan (5) Interpretasi dan Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru sudah dipersiapkan dengan baik dan menggunakan RPP berbasis saintifik. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru telah mencakup: 1) data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/semester, 2) kompetensi inti, 3) kompetensi dasar dan indikator, 4) tujuan pembelajaran, 5) materi pembelajaran, 6) metode pembelajaran, 7) media, alat dan bahan, 8) langkah-langkah pembelajaran, dan 9) penilaian. (2) Pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII telah diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut (1) pendahuluan, (2) inti, dan (3) penutup. Pada kegiatan inti guru telah menerapkan lima langkah pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, menalar atau mengumpulkan informasi, mencoba, dan mengomunikasikan.
Kata kunci: pembelajaran Bahasa Indonesia, pendekatan saintifikArticle Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gava Media.
- Kemendikbud. 2014. Permendikbud No.58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasyah Tsanawiah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Kurniasih, Imas, Barlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
- Masrup, Moch. 2012. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia. (Htpp:/jurnal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka diakses 18 Maret 2018).
- Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
References
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gava Media.
Kemendikbud. 2014. Permendikbud No.58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasyah Tsanawiah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniasih, Imas, Barlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.
Masrup, Moch. 2012. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia. (Htpp:/jurnal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka diakses 18 Maret 2018).
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.