Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 184 orang, sedangkan sampel berjumlah 30 siswa yang diambil secara acak dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes menulis teks cerita fantasi kepada siswa kelas VII. Teknik analisis data menggunakan perhitungan rata-rata. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa, kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu memperoleh skor 76,03 dengan kategori baik.

Kata kunci: Kemampuan menulis teks cerita fantasi

Article Details

How to Cite
Yahya, Y., Yulistio, D., & Arifin, M. (2019). KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 350–355. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6791

References

  1. Dalman. 2014. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  2. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
  4. Susetyo. 2010. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  5. Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  6. Yulistio, Didi. 2003. Bahasa Indonesia: Kemampuan Berbahasa Indonesia untuk Mahasiswa di perguruan Tinggi. Bengkulu: Lemlit UNIB Press.
  7. Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.