Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerita pendek menggunakan model pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL (Content and Language Integrated Learning) pada Siswa Kelas XI-C SMAN 2 Kota Bengkulu. Ruang lingkup penelitian ini mencakup  aspek (1) kesesuaian isi dengan tema, (2) struktur teks cerpen, (3) pilihan Kata (diksi), (4) penggunaan kalimat (gaya bahasa cerpen), dan (5) mekanik (ejaan dan tulisan tangan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kuantitatif dan model PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas 4 tahapan, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data penelitian siswa kelas XI-C SMAN 2 Kota Bengkulu sebanyak 28 orang dan data penelitian ini berupa teks cerpen. Pengumpulan data menggunakan petunjuk tes menulis cerpen dengan tema  ditentukan dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Analisis data menggunakan perhitungan rata-rata dan analisis akhir secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis Cerpen melalui model pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL pada siswa kelas XI IPA-C SMAN 2 Kota Bengkulu. Hal ini terbukti dari hasil pembelajaran pada siklus I diperoleh rerata sebesar 70,21 dengan kategori baik dan meningkat pada hasil pembelajaran siklus II dengan rerata sebesar 80,14 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa mencakup aspek disiplin, bertanggung jawab, kerjasama dan mandiri dengan kategori cukup aktif pada siklus I meningkat menjadi sangat aktif pada siklus II dalam materi pembelajaran mendeskripsikan struktur teks, nilai-nilai kehidupan, dan struktur pembangun cerpen.

Kata kunci: Kemampuan, menulis, cerpen, saintifik, pedagogi.

Article Details

How to Cite
Yulistio, D., & Fhitri, A. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PEDAGOGI GENRE, SAINTIFIK, DAN CLIL (CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING) PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 9–20. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7342

References

  1. Abrams, M.H. 1999. A Glossary of Literary Terms, Seventh Edition. USA: Thomson Learning.
  2. Bachman, Lyle F. 1990. Fundamental Considerations in Language Testing. Oxford: Oxford University Press.
  3. Coyle, Do. 2008. Content and Language Integrated Learning; Motivating Learners and Teachers. Http://blocs.xtec.cat/clilpractiques1/files/2008/11/slrcoyle.pdf. Diakses tanggal 10 April 2012.
  4. Disher, Garry. 2011. Writing Fiction, An Introduction To The Craft. Australia: Allen&Unwin.
  5. Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.
  6. Hadley, Alice Omaggio. 1993. Teaching Language in Context. Boston: Heinle & Heinle Publishers.
  7. Heaton, J.B. 1988. Writing English Language Tests. New York: Longman Group UK Limited.
  8. Hopkins, David. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.
  9. Ideris, Haderi. 2013. Pintar Menulis Cerpen: Cara Jitu Mendobrak Pintu Kesulitan Menulis. Banjarmasin: Dreammedia.
  10. Jacobs, Holly L., et.al. 1981. Testing ESL Composition: A. Practical Approach. Massacheserttes: Newbury House Publishers, Inc.
  11. Johnson, Elaine B. 2002. Contextual Teaching and Learning: What it is and why it’s here to stay. Callifornia: Corwin Press, Inc.
  12. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs Kelas VII. Buku Siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  13. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2014. Buku Guru: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  14. Latief, Muh. Adnan. 2002. “Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Bahasa Inggris SLTP Cawu 2 Untuk 6 Provinsi di Kalimantan dan Sulawesi”, Jurnal Penelitian Kependidikan, Tahun 12 Nomor 1, Juni.
  15. McCrimmon, James M. 1984. Writing with a Purpose. USA: Houghton Mifflin Company.
  16. Murray, Rowenna & Sarah Moore. 2009. The Handbook of Academic Writing, A Fresh Approach. New York: Mc-Graw Hill.
  17. Nur, Muhammad. 2001. “Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual”, Makalah Pelatihan TOT Guru Mata Pelajaran SLTP dan MTs, Juni.
  18. Richards, Jack C. dan Willy A. Renandya. 2002. Methodology in Language Teaching,An Anthology of Current Practice. USA: Cambridge University Press.
  19. Setyaningrum, Wahyu. 2010. Content and Language Integrated Learning (CLIL) sebagai Alternatif Pendekatan dalam Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Wahyu/Setyaningrum,M.Ed./CLIL/semnas.pdf. Diakses tanggal 10 April 2012.
  20. Sevilla, Consuelo G, dkk. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Terjemahan Alimuddin Tuwu. Jakarta: UI Press.
  21. Satori. 2013. “Komponen Kompetensi Profesional Guru”, Pendidikanku: Informasi Pendidikan Terkini. Http://sdnwonoue.blogspot.com/2013/08.html. Diunduh, 27 April 2015.
  22. Wiratno, Tri. 2014. “Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Teks dalam Kurikulum 2013”. Materi Pelatihan Instruktur Nasional Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
  23. Yulistio, Didi. 2012. “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran Terhadap Keterampilan Menulis”, Disertasi Tidak Diterbitkan. Jakarta: UNJ.
  24. Zainurrahman. 2011 Menulis: Dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarimse). Bandung: Alfabeta.