Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran kelompok kecil dan perorangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dengan cukup baik.Pelaksanaan belajar mengajar guru harusnya lebih kreatif untuk penggunaan keterampilan kelompok kecil dan perorangan dan hendaknya terbiasa menggunakan keterampilan kelompok kecil dan perorangan dengan prosedur atau langkah-langkah yang ada pada keterampilan kelompok kecil dan perorangan.
Kata kunci: bahasa Indonesia, kelompok kecil, dan perorangan.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Barnawi dan M. Arifin. 2015. Micro Teaching: Teori & Praktik Pengajaran yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
- Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi .Jakarta: Rajawali Pers.
- Hamalik, U. 2012. Proes Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan. Jakarta: Rajawali Pers.
References
Barnawi dan M. Arifin. 2015. Micro Teaching: Teori & Praktik Pengajaran yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi .Jakarta: Rajawali Pers.
Hamalik, U. 2012. Proes Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan. Jakarta: Rajawali Pers.