Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran kelompok kecil dan perorangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan dengan cukup baik.Pelaksanaan belajar mengajar guru harusnya lebih kreatif untuk penggunaan keterampilan kelompok kecil dan perorangan dan hendaknya terbiasa menggunakan keterampilan kelompok kecil dan perorangan dengan prosedur atau langkah-langkah yang ada pada keterampilan kelompok kecil dan perorangan.

 

Kata kunci: bahasa Indonesia, kelompok kecil, dan perorangan.

Article Details

How to Cite
Rohmayanti, F., Yulistio, D., & Utomo, P. (2019). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 21–32. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7343

References

  1. Barnawi dan M. Arifin. 2015. Micro Teaching: Teori & Praktik Pengajaran yang Efektif dan Kreatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  2. Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
  3. Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi .Jakarta: Rajawali Pers.
  4. Hamalik, U. 2012. Proes Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Kunandar. 2007. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan. Jakarta: Rajawali Pers.