Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks Bahasa Indonesia jenjang SMP menggunakan dimensi kognitif Taksonomi Bloom dan berdasarkan ciri pertanyaan yang baik. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks bahasa Indonesia jenjang SMP pada tingkat kognitif memahami (C2) mendominasi dengan proporsi persentase yang jauh lebih besar dibandingkan tingkat kognitif lainnya. Kemudian, hasil tersebut belum memenuhi proporsi soal yang baik, yaitu 30% untuk C1 dan C2, 40% untuk C3 dan C4, 30% untuk C5 dan C6. (2) Pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks bahasa Indonesia jenjang SMP masih ada kategori yang belum memenuhi ciri pertanyaan yang baik yaitu terdapat di dalam ciri nomor (3) Pertanyaan hanya untuk satu masalah, nomor (5) Jawaban bukan sekadar ya atau tidak.

 

Kata kunci: Pertanyaan bacaan.

Article Details

How to Cite
Yuniarti, N., Arifin, M., & Utomo, P. (2019). ANALISIS PERTANYAAN BACAAN DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA JENJANG SMP. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 33–41. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7344

References

  1. Bukupaket. Buku Paket Kurikulum 2013. https://www.bukupaket.com (diakses Tanggal 2 Maret 2018).
  2. Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE.
  3. Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  4. Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  5. Tarigan, Henry Guntur. 2005. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.