Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam Novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Hasil pembahasan dalam penelitian ini yaitu didapatkan fakta cerita yang berkaitan dengan nilai sosialnya yakni kekerasan, memulai usaha, marketing produk, peristiwa malari (malapetaka 15 Januari), pertemanan, dan pengkhianatan. Sedangkan nilai sosial yang terdapat dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye antara lain: sabar, patuh, pemaaf, membantu orang lain, peduli orang lain, bekerja keras, kesetiaan, saling percaya antar teman, tolong-menolong antar teman, dan jujur.

 Kata kunci: Nilai sosial, tentang kamu, sosiologi sastra.

Article Details

How to Cite
Sari, N. L., Agustina, E., & Lubis, B. (2019). NILAI-NILAI SOSIAL DALAM NOVEL TENTANG KAMU KARYA TERE LIYE KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 55–65. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7346

References

  1. Damono, Sapardi Joko. 1978. Sosiologi Sastra sebuah pengantar ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
  2. Faruk. 1994. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Liye, Tere. 2016. Tentang Kamu. Jakarta: Republika.
  4. Moeleong, Lexy J. 2014. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
  5. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  6. Purwanti, Lia Dewi . 2016. Nilai pendidikan sosial dalam novel tenggelamnya kapal van der wijck karya Buya Hamka. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Salatiga.
  7. Wellek, Rene & Warren, Austin. 1993. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.