ANALISIS LITERASI BUKU AJAR BAHASA INDONESIA KARYA TITIK HARSIATI, AGUS TRIANTO, DAN E. KOSASIH KELAS VII

Puspita Intan Purnama N.(1), Agus Trianto(2), Gumono Gumono(3),
(1) FKIP Unib, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Literesi merupakan kemampuan mengakses informasi, memahami, mengidentifikasi, mengekspresikan, mengkomunikasikan, dan menciptakan suatu karya. Oleh karena itu, berbagai upaya untuk meningkatkan penguasaan literasi sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi literasi dalam buku ajar Bahasa Indonesia kelas VII Karya Titik Harsiati, Agus Trianto, dan E. Kosasih. Penerbit buku ialah Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Literasi membaca berdasarkan aspek pemahaman yang meliputi, (a) mengakses dan mengambil informasi dari teks; (b) mengintegrasikan dan menafsirkan; (c) merefleksikan dan mengevaluasi teks dari bacaan buku ajar Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari keseluruhan isi buku ajar bahasa Indonesia kelas VII yang dianalisis menunjukkan bahwa data literasi telah tersaji dengan lengkap di dalam buku sesuai dengan KI dan KD Kurikulum 2013. Sedangkan pada aspek 3 masih ada data yang tidak terdapat yaitu indikator menyajikan tugas kepada pembaca untuk menilai informasi teks dalam buku ajar dengan sumber lain berdasarkan pengalaman pembaca. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa literasi buku ajar Bahasa Indonesia kelas VII Karya Titik Harsiati, Agus Trianto, dan E. Kosasih yang dianalisis lebih menekankan pada aspek 1 dan 2 yakni menyajikan informasi teks, ide pokok, stuktur, bahasa yang digunakan, pertanyaan yang berkaitan dengan teks, dan pertanyaan yang berkaitan dengan pendapat pribadi siswa.

Kata kunci: Buku ajar, literasi.


Full Text:

PDF

References


Abidin Y., Mulyati., dan Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Alwasilah, C. 2012. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Harsiati T., Trianto, Agus., dan Kosasih. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.

Muslich, M. 2010. Metode Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Schmoker, Mike. 2012. Menjadi Guru yang Efektif. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, HG., dan Djago Tarigan.1986. Telaah Buku Teks Bahasa Indoensia. Bandung: Angkasa Bandung.

Wibowo, Wahyu. 2012. Menulis Buku Ajar Perguruan Tinggi. Jakarta: Bidik Phronesis Publishing.

Warlick, Dafid. 2004.Redefining Literacy for 21th Century. Ohio: Limworth.

Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: GP Press.




DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7348

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah KORPUS Diindeks oleh:


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id