Main Article Content
Abstract
Literesi merupakan kemampuan mengakses informasi, memahami, mengidentifikasi, mengekspresikan, mengkomunikasikan, dan menciptakan suatu karya. Oleh karena itu, berbagai upaya untuk meningkatkan penguasaan literasi sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi literasi dalam buku ajar Bahasa Indonesia kelas VII Karya Titik Harsiati, Agus Trianto, dan E. Kosasih. Penerbit buku ialah Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Literasi membaca berdasarkan aspek pemahaman yang meliputi, (a) mengakses dan mengambil informasi dari teks; (b) mengintegrasikan dan menafsirkan; (c) merefleksikan dan mengevaluasi teks dari bacaan buku ajar Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari keseluruhan isi buku ajar bahasa Indonesia kelas VII yang dianalisis menunjukkan bahwa data literasi telah tersaji dengan lengkap di dalam buku sesuai dengan KI dan KD Kurikulum 2013. Sedangkan pada aspek 3 masih ada data yang tidak terdapat yaitu indikator menyajikan tugas kepada pembaca untuk menilai informasi teks dalam buku ajar dengan sumber lain berdasarkan pengalaman pembaca. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa literasi buku ajar Bahasa Indonesia kelas VII Karya Titik Harsiati, Agus Trianto, dan E. Kosasih yang dianalisis lebih menekankan pada aspek 1 dan 2 yakni menyajikan informasi teks, ide pokok, stuktur, bahasa yang digunakan, pertanyaan yang berkaitan dengan teks, dan pertanyaan yang berkaitan dengan pendapat pribadi siswa.
Kata kunci: Buku ajar, literasi.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin Y., Mulyati., dan Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
- Alwasilah, C. 2012. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
- Harsiati T., Trianto, Agus., dan Kosasih. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.
- Muslich, M. 2010. Metode Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
- Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.
- Schmoker, Mike. 2012. Menjadi Guru yang Efektif. Jakarta: Erlangga.
- Tarigan, HG., dan Djago Tarigan.1986. Telaah Buku Teks Bahasa Indoensia. Bandung: Angkasa Bandung.
- Wibowo, Wahyu. 2012. Menulis Buku Ajar Perguruan Tinggi. Jakarta: Bidik Phronesis Publishing.
- Warlick, Dafid. 2004.Redefining Literacy for 21th Century. Ohio: Limworth.
- Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: GP Press.
References
Abidin Y., Mulyati., dan Yunansah. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Alwasilah, C. 2012. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Harsiati T., Trianto, Agus., dan Kosasih. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud.
Muslich, M. 2010. Metode Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.
Schmoker, Mike. 2012. Menjadi Guru yang Efektif. Jakarta: Erlangga.
Tarigan, HG., dan Djago Tarigan.1986. Telaah Buku Teks Bahasa Indoensia. Bandung: Angkasa Bandung.
Wibowo, Wahyu. 2012. Menulis Buku Ajar Perguruan Tinggi. Jakarta: Bidik Phronesis Publishing.
Warlick, Dafid. 2004.Redefining Literacy for 21th Century. Ohio: Limworth.
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: GP Press.