Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengelompokkan prosa dan puisi rakyat yang ada di Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode etnografi. Data dalam penelitian ini berupa prosa dan puisi rakyat suku Rejang Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang. Data dianalisis mengikuti prinsip alih ide dengan bukan menerjemahkan kata demi kata. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh prosa rakyat dan 13 puisi rakyat di Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang. Prosa rakyat yang terdapat di Kecamatan Muara Kemumu yaitu: (1) Asal Mula Batu Kalung, (2) Hantu WakWir, (3) Benuang Sakti, (4) Bloloi, (5) Asal Usul Rejang Pat Petulai, (6) Asal Usul Buah Jagung, (7) Kancil Ingkar Janji. Puisi rakyat yang terdapat di Kecamatan Muara Kemumu adalah berupa: pantun, ungkapan tradisional (peribahasa), dan mantera yang telah penulis kelompokkan sesuai panduan Danadjaja.                            

Kata kunci: Prosa, puisi rakyat, suku Rejang, Kepahiang.

Article Details

How to Cite
Hartono, R., Sarwono, S., & Purwadi, A. J. (2019). PROSA DAN PUISI RAKYAT SUKU REJANG KECAMATAN MUARA KEMUMU KABUPATEN KEPAHIANG. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 92–99. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7350

References

  1. Adriyetti, Amir. 2013. Sastra Lisan Indonesia. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional.
  2. Danandjaja, James. 1991. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dan Lain-lain Cetakan IV. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.
  3. Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Medpress.
  4. Spradley, James P. 1997. Metode Etnografi. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.
  5. Zaidan, Abdul Rozak. 2002. Pedoman Penelitian Sastra Daerah. Jakarta: Pusat Bahasa.