Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang peningkatan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu menggunakan media line webtoon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,1 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 25,71%. Perolehan hasil menulis naskah drama siswa rata-rata masih rendah pada kriteria penilaian dialog, alur dan petunjuk teknis pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,3 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80%. Kesulitan siswa dalam menulis naskah drama pada siklus sebelumnya dapat teratasi dengan baik pada siklus II dengan meningkatnya kenaikan skor sebesar 13,2 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 54,12%. Penggunaan media line webtoon dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama dan meningkatkan hasil penulisan naskah drama yang telah dilakukan selama 2 siklus.
Kata kunci: keterampilan menulis, naskah drama, line webtoon.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
- Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
- Komaidi, Didik. 2011. Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Media.
- Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Sanaky, Hujair AH. 2006. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press.
- Sudjana, N. dan Rivai, A. 2002. Media Pengajaran. Bandung:Penerbit CV Sinar Baru.
- Sukino. 2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LkiS.
- Susetyo. 2015. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
- Waluyanto, H, D. 2005. Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Vol. 7. No. 1:45-55.
References
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Komaidi, Didik. 2011. Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Media.
Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sanaky, Hujair AH. 2006. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press.
Sudjana, N. dan Rivai, A. 2002. Media Pengajaran. Bandung:Penerbit CV Sinar Baru.
Sukino. 2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LkiS.
Susetyo. 2015. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Waluyanto, H, D. 2005. Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Vol. 7. No. 1:45-55.