Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang peningkatan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu menggunakan media line webtoon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,1 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 25,71%. Perolehan hasil menulis naskah drama siswa rata-rata masih rendah pada kriteria penilaian dialog, alur dan petunjuk teknis pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,3 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80%. Kesulitan siswa dalam menulis naskah drama pada siklus sebelumnya dapat teratasi dengan baik pada siklus II dengan meningkatnya kenaikan skor sebesar 13,2 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 54,12%. Penggunaan media line webtoon dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama dan meningkatkan hasil penulisan naskah drama yang telah dilakukan selama 2 siklus.

Kata kunci: keterampilan menulis, naskah drama, line webtoon.

Article Details

How to Cite
Oktarina, S., Susetyo, S., & Gumono, G. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINE WEBTOON PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 100–107. https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7351

References

  1. Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
  2. Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
  3. Komaidi, Didik. 2011. Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Media.
  4. Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Sanaky, Hujair AH. 2006. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press.
  6. Sudjana, N. dan Rivai, A. 2002. Media Pengajaran. Bandung:Penerbit CV Sinar Baru.
  7. Sukino. 2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LkiS.
  8. Susetyo. 2015. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  9. Waluyanto, H, D. 2005. Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Vol. 7. No. 1:45-55.