PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA LINE WEBTOON PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Silpani Oktarina, Susetyo Susetyo, Gumono Gumono

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang peningkatan keterampilan menulis naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Bengkulu menggunakan media line webtoon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,1 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 25,71%. Perolehan hasil menulis naskah drama siswa rata-rata masih rendah pada kriteria penilaian dialog, alur dan petunjuk teknis pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,3 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80%. Kesulitan siswa dalam menulis naskah drama pada siklus sebelumnya dapat teratasi dengan baik pada siklus II dengan meningkatnya kenaikan skor sebesar 13,2 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 54,12%. Penggunaan media line webtoon dapat menarik minat siswa dalam pembelajaran menulis naskah drama dan meningkatkan hasil penulisan naskah drama yang telah dilakukan selama 2 siklus.

Kata kunci: keterampilan menulis, naskah drama, line webtoon.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Komaidi, Didik. 2011. Menulis Kreatif. Yogyakarta: Sabda Media.

Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanaky, Hujair AH. 2006. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safira Insania Press.

Sudjana, N. dan Rivai, A. 2002. Media Pengajaran. Bandung:Penerbit CV Sinar Baru.

Sukino. 2010. Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer LkiS.

Susetyo. 2015. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Waluyanto, H, D. 2005. Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Vol. 7. No. 1:45-55.




DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v3i1.7351

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah KORPUS Diindeks oleh:


 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id