Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat guru bersertifikasi di SMP Negeri Seluma berdasarkan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa komponen silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sumber data dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran yang meliputi silabus dan rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru Bahasa Indonesia bersertifikasi yang mengajar di kelas VII di SMP Negeri Seluma bedasarkan Kurikulum 2013.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu: 1) mengumpulkan perencanaan pembelajaran yang meliputi; silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), 2) membaca/memahami, 3) mengklasifikasi/mengelompokkan 4) penyajian data, 5) menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pebelajaran yang dibuat guru yang meliputi: 1) Silabus yang dibuat guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri Seluma tidak sama terdapat enam model atau variasi. 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  yang dibuat oleh guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri Seluma tidak sama terdapat dua model atau variasi.

Article Details

How to Cite
Yunita, S., Utomo, P., & Ariesta, R. (2019). KAJIAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI SELUMA. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(3), 351–359. https://doi.org/10.33369/jik.v3i3.8226

References

  1. Adriantoni, & Syafrudin. Nurdin. 2016. Kurikulum Dan Pmbelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  2. Mulyasa, E. 2006. Kurikulum yang di sempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
  3. Fadillah, M. 2014. Implenetasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran.SD/MI, SMP/MTS & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  4. Kemdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasi Kurikulum 2013 . Surabaya: Kata Pena.
  6. Moleong, J Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda karya.
  7. Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Ak¬sara.
  8. Sumiati, A. &. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima