Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia meliputi silabus dan rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru bersertifikasi di SMP Negeri Seluma berdasarkan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa komponen silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sumber data dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran yang meliputi silabus dan rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru bahasa Indonesia bersertifikasi yang mengajar di kelas VII di SMP Negeri Seluma bedasarkan kurikulum 2013.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu: 1) mengumpulkan perencanaan pembelajaran yang meliputi; silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), 2) membaca/memahami, 3) mengklasifikasi/mengelompokkan 4) penyajian data, 5) kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pebelajaran yang dibuat guru yang meliputi 1) Silabus yang dibuat guru bahasa Indonesia di SMP Negeri Seluma tidak sama terdapat enam model atau variasi. 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  yang dibuat oleh guru bahasa Indonesia di SMP Negeri Seluma tidak sama terdapat dua model atau variasi.

Article Details

How to Cite
Agustina, M., Yulistio, D., & Utomo, P. (2020). KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPA DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(1), 46–53. https://doi.org/10.33369/jik.v4i1.8227

References

  1. Asril, Z. 2015. Micro Teaching. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  2. Basrowi, S. 2008 . Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Hasibuan, J.J, Dip. Ed, dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Helmiati. 2013. Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Pekan Baru: Aswajan Pressindo.
  5. Rusman. 2015. Pembelajaran . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  6. Sabri, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Padang : Quantum Teaching.
  7. Usman, M. U. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.