Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX  D SMP Negeri 7  Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk meberikan informasi tentang kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX D SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan. Pengumpulan data dalam bentuk tes tertulis dengan aspek penilaian yaitu: kesesuaian isi dengan topik, struktur, dan ejaan bahasa Indonesia. Wujud data pada penelitian ini berupa skor hasil belajar yang menggambarkan kemampuan siswa dalam menulis teks pidato. Penelitian ini dilakukan pada kelas IX D SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan, yang telah dipilih secara acak menggunakan teknik sample random sampling. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX D SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan dapat nilai rata-rata sebesar 77,90 kategori baik. Artinya, siswa telah memiliki kemampuan menulis teks pidato, tetapi kemampuan menulis siswa perlu ditingkatkan agar lebih baik lagi. Secara khusus, tiap aspek  hasil penilaian kemampuan menulis teks pidato ini sebagai berikut: (1)  aspek isi berkategori sangat baik, (2) aspek struktur berkategori sangat baik, (3) aspek diksi berkategori baik, (4) aspek kalimat efektif berkategori baik, dan (5) aspek ejaan berkategori cukup.

Article Details

How to Cite
Wulandari, M., Yulistio, D., & Yanti, N. (2019). KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO SISWA KELAS IX D SMP NEGERI 7 BENGKULU SELATAN. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(3), 327–333. https://doi.org/10.33369/jik.v3i3.8243

References

  1. Arsjad, Maidar. G. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  2. Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.
  3. Keraf, Gorys. 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
  4. Maidar, G. Arsjad. 1991. Pembinan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  5. Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
  6. Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  7. Tarigan, Henry. Guntur.. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  8. Wiyanto, A. 2008. Terampil Pidato. Jakarta: PT. Grasindo.
  9. Yulistio, Didi. 2003. Bahasa Indonesia Kemampuan Berbahasa Indonesia. Bengkulu: Lemlit Unib Press.