Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis puisi menggunakan media lagu pada siswa kelas X TM-4 dan menggunakan media gambar pada siswa kelas X TKP-1 SMKN 2 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif. Data berupa hasil tes kemampuan menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 2 Kota Bengkulu yang berjumlah 14 kelas dengan jumlah seluruh siswa 389 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel bertujuan atau purposive sampling yang dilakukan pada dua kelas yaitu X TM-4 dan X TKP-1. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa hasil kemampuan menulis puisi siswa kelas X TM-4 dengan menggunakan media lagu dan hasil kemampuan menulis puisi siswa kelas X TKP-1 dengan menggunakan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan menulis puisi menggunakan media lagu nilai rata-ratanya 78,1 yang termasuk dalam kategori baik, artinya siswa sudah mampu membuat puisi yang baik dan menarik (2) kemampuan menulis puisi menggunakan media gambar nilai rata-ratanya 84,9 yang termasuk dalam kategori sangat baik,  artinya siswa sudah mampu membuat tulisan yang menarik namun perlunya latihan menulis lagi agar lebih baik (3) terdapat perbedaan antara kemampuan menulis puisi menggunakan media lagu dengan menggunakan media gambar. Pemakaian media gambar lebih baik daripada media lagu dalam pembelajaran kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMKN 2 Kota Bengkulu.

Article Details

How to Cite
Mahgfira, A., Purwadi, A. J., & Susetyo, S. (2020). PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA LAGU PADA SISWA KELAS X TM-4 DAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS X TKP-1 SISWA SMKN 2 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(2), 148–156. https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.8326

References

  1. Arsyad, Ashar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
  2. Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
  3. Bobbi, Deporter.,dan Mike. 2011. Quantum Learning. Bandung : Mizan Media Utama.
  4. Campbell, Don. 2001. Efek Mozart. Terjemahan oleh: Drs.T. Hermaya. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
  5. Hamdi, Asep saepul., dan E. Baharudi. 2014. Metode penelitian kuantitatif
  6. aplikasi dalam pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
  7. Kurniawan, Heru. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  8. Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
  9. Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta.
  10. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Pt.Tarsito Bandung.
  11. Susetyo. 2010. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Bengkulu.
  12. Winarni, Retno. 2014. Kajian Satra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.