ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMAN 01 BENGKULU TENGAH

Yogi Prambana(1), Rokhmat Basuki(2), Supadi Supadi(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Teks Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 01 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara teknik catat. Data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat pada teks laporan hasil observasi karangan siswa pada kelas X IPA 3 SMAN 01 Bengkulu Tengah.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat. Langkah-langkah yang dilakukan dengan mengumpulkan data, di beri kode di setiap kesalahan, mengidentifikasi data, mengklasifikasi data sesuai karakteristik atau ciri-ciri setiap unit data, data dianalisis sesuai dengan tujuan penelitian, dan menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan penggunaan ejaan sebagai berikut. 1) Kesalahan pemakaian huruf sebanyak 63,22% terdapat pada kesalahan penggunaan huruf kapital dan huruf miring, 2) Kesalahan penulisan kata sebanyak 16,71% terdiri dari kesalahan penulisan kata dasar, kata berimbuhan, kata ulang, gabungan kata, kata depan, ata partikel, singkatan dan akronim serta pada penulisan angka dan bilangan. 3) Kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 20,06%  terdiri dari kesalahan penggunaan tanda titik, tanda koma, tanda titik dua, tanda hubung, tanda tanya, tanda seru, dan tanda kurung.

References


Djadjasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.

Farhani, Isma Rusan. 2015. Analisis Kesalahan Eyd (Ejaan Yang Disempurnakan) Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik Kelas X Kurikulum 2013. Skripsi: FITK UIN Syarrif Hidayatullah.

Kemendikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Matanggui, Junaiyah H dan Zaenal Arifin. 2014. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Murtiani, Anjar, Fita Nur Arifah dan Lia Noviastuti. 2016. Pedoman Umum EBI Ejaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Pujiono, Setyawan. 2013. Terampil Menulis: Cara Mudah dan Praktik dalam Menulis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sarwoko, Tri Adi. 2007. Inilah Bahasa Indonesia Jurnalistik. Yogyakarta: ANDI.

Sudaryanto. (1988). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suparlan. 2014. Panduan Lengkap Ejaan Yang Disempurnakan. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Rahmawanti, Guntari. 2016. Analisis Kesalahan Ejaan Pada Kolom “Borgol” Surat Kabar Harian Rakyat Bengkulu. Skripsi: FKIP Universitas Bengkulu.

Waridah, Ernawati. 2014. Pedoman Kata Baku dan Tidak Baku. Bandung: Ruang Kata.




DOI: https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.8327

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yogi Prambana, Rokhmat Basuki, Supadi Supadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Jurnal Ilmiah KORPUS is indexed in:

 

 

Lisensi Creative Commons
Jurnal Ilmiah Korpus. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 3
Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : korpus.fkip@unib.ac.id