Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Teks Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 01 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara teknik catat. Data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat pada teks laporan hasil observasi karangan siswa pada kelas X IPA 3 SMAN 01 Bengkulu Tengah.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat. Langkah-langkah yang dilakukan dengan mengumpulkan data, di beri kode di setiap kesalahan, mengidentifikasi data, mengklasifikasi data sesuai karakteristik atau ciri-ciri setiap unit data, data dianalisis sesuai dengan tujuan penelitian, dan menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan penggunaan ejaan sebagai berikut. 1) Kesalahan pemakaian huruf sebanyak 63,22% terdapat pada kesalahan penggunaan huruf kapital dan huruf miring, 2) Kesalahan penulisan kata sebanyak 16,71% terdiri dari kesalahan penulisan kata dasar, kata berimbuhan, kata ulang, gabungan kata, kata depan, ata partikel, singkatan dan akronim serta pada penulisan angka dan bilangan. 3) Kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 20,06%  terdiri dari kesalahan penggunaan tanda titik, tanda koma, tanda titik dua, tanda hubung, tanda tanya, tanda seru, dan tanda kurung.

Article Details

How to Cite
Prambana, Y., Basuki, R., & Supadi, S. (2020). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMAN 01 BENGKULU TENGAH. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3), 413–424. https://doi.org/10.33369/jik.v4i3.8327

References

  1. Djadjasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.
  2. Farhani, Isma Rusan. 2015. Analisis Kesalahan Eyd (Ejaan Yang Disempurnakan) Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik Kelas X Kurikulum 2013. Skripsi: FITK UIN Syarrif Hidayatullah.
  3. Kemendikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
  4. Matanggui, Junaiyah H dan Zaenal Arifin. 2014. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri.
  5. Murtiani, Anjar, Fita Nur Arifah dan Lia Noviastuti. 2016. Pedoman Umum EBI Ejaan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska.
  6. Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Pujiono, Setyawan. 2013. Terampil Menulis: Cara Mudah dan Praktik dalam Menulis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  8. Sarwoko, Tri Adi. 2007. Inilah Bahasa Indonesia Jurnalistik. Yogyakarta: ANDI.
  9. Sudaryanto. (1988). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  10. Suparlan. 2014. Panduan Lengkap Ejaan Yang Disempurnakan. Yogyakarta: Pustaka Baru.
  11. Rahmawanti, Guntari. 2016. Analisis Kesalahan Ejaan Pada Kolom “Borgol” Surat Kabar Harian Rakyat Bengkulu. Skripsi: FKIP Universitas Bengkulu.
  12. Waridah, Ernawati. 2014. Pedoman Kata Baku dan Tidak Baku. Bandung: Ruang Kata.