Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan di kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan di kelas VIII menggunakan pendekatan saintifik sudah berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran yaitu guru memberikan petunjuk mengerjakan tugas menulis teks ulasan, siswa mengerjakan tugas menulis teks ulasan, siswa mengumpulkan tugas dan kemudian guru menilai teks ulasan dari siswa berdasarkan penilaian yang terdapat di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang di rancang oleh guru. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa sistematika pembelajaran yang baik salah satu penentu kualitas pembelajaran menulis teks ulasan yang dilakukan oleh siswa.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Suryadi, I., Suhartono, S., & Utomo, P. (2020). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(2), 185–195. https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.8334
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Arif, R. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
- Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
- Mahsun. (2014). Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
- Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
- Yustina, (2017). Bahasa Indonesia. Surabaya: Intan Pariwara.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arif, R. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Mahsun. (2014). Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Yustina, (2017). Bahasa Indonesia. Surabaya: Intan Pariwara.