Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif  kualitatif. Subjek dalam  penelitian ini adalah  guru dan siswa. Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan di kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji  keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran  menulis teks ulasan di kelas VIII menggunakan  pendekatan saintifik sudah berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran yaitu guru memberikan petunjuk mengerjakan tugas menulis teks ulasan, siswa mengerjakan tugas menulis teks ulasan, siswa mengumpulkan tugas dan kemudian guru menilai teks ulasan dari siswa berdasarkan penilaian yang terdapat di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang di rancang oleh guru. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa sistematika pembelajaran yang baik salah satu penentu kualitas pembelajaran menulis teks ulasan yang dilakukan oleh siswa.

Article Details

How to Cite
Suryadi, I., Suhartono, S., & Utomo, P. (2020). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(2), 185–195. https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.8334

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Arif, R. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
  4. Mahsun. (2014). Teks Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
  5. Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
  6. Yustina, (2017). Bahasa Indonesia. Surabaya: Intan Pariwara.