Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar membaca pemahaman mengunakan strategi DRA (Directed Reading Activity) dengan strategi konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparasi. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 27 siswa kelompok 1 dan 27 siswa kelompok 2. Instrumen penilitian berupa tes objektif (pilihan ganda). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan diperoleh bahwa (1) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman menggunakan strategi DRA (Directed Reading Activity) siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu diperoleh rata-rata (posttest) sebesar 78,52 kategori baik dan (2) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman dengan strategi konvensional siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu dengan rata-rata sebesar 68,52 kategori cukup, dan (3) terdapat perbedaan kategori penguasaan pemahaman. Penerapan strategi DRA (Directed Reading Activity) dapat meningkatkan pemahaman reorganisasi siswa dengan baik dan siswa lebih aktif.
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Asih, S. A. N. S., Hamzah, S., & Gumono, G. (2020). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI DRA (DIRECTED READING ACTIVITY) DENGAN STRATEGI KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(1), 128–137. https://doi.org/10.33369/jik.v4i1.8338
References
- Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
- Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Oka, G. N. 1983. Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasional.
- Somadayo, S. 2011. Satategi dan Te knik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Sugiono. 2014. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis danDisertasi. Bandung: ALFABETA.
- Sujarweni, W. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.
- Tarigan, H. G. 1994. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
References
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Oka, G. N. 1983. Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasional.
Somadayo, S. 2011. Satategi dan Te knik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiono. 2014. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis danDisertasi. Bandung: ALFABETA.
Sujarweni, W. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Tarigan, H. G. 1994. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.