Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar membaca pemahaman mengunakan strategi DRA (Directed Reading Activity) dengan strategi konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparasi. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 27 siswa kelompok 1 dan 27 siswa kelompok 2. Instrumen penilitian berupa tes objektif (pilihan ganda). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan diperoleh bahwa (1) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman menggunakan strategi DRA (Directed Reading Activity) siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu diperoleh rata-rata (posttest) sebesar 78,52 kategori baik dan (2) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman dengan strategi konvensional siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu dengan rata-rata sebesar 68,52 kategori cukup, dan (3) terdapat perbedaan kategori  penguasaan pemahaman. Penerapan strategi DRA (Directed Reading Activity) dapat meningkatkan pemahaman reorganisasi siswa dengan baik dan siswa lebih aktif.

Article Details

How to Cite
Asih, S. A. N. S., Hamzah, S., & Gumono, G. (2020). PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI DRA (DIRECTED READING ACTIVITY) DENGAN STRATEGI KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(1), 128–137. https://doi.org/10.33369/jik.v4i1.8338

References

  1. Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
  2. Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  3. Oka, G. N. 1983. Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasional.
  4. Somadayo, S. 2011. Satategi dan Te knik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  5. Sugiono. 2014. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis danDisertasi. Bandung: ALFABETA.
  6. Sujarweni, W. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.
  7. Tarigan, H. G. 1994. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.